Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Wonderland Wonosalam
icon featured
Wonderland Wonosalam

Manisnya Pisang Mas Wonosalam Lebih Manis dan Panjang

18 November 2021, 08: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Manisnya Pisang Mas Wonosalam Lebih Manis dan Panjang

Share this      

LETAK geografis Wonosalam yang terletak di ketinggian 500-600 mdpl, membuat segala tanaman cocok dan tumbuh subur. Seperti dilakukan kelompok petani (poktan) di Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam yang membudidayakan pisang mas sejak 2017 lalu. Bahkan, kini ada 17 ribu bibit yang ditanam petani di beberapa desa.

Santoso, 52 salah satu petani pisang mas mengatakan, kelompoknya mulai membudidayakan pisang mas sejak 201 lalu. ”Awalnya kami membudidayakan 4.000 batang,’’ ujar dia kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (17/11).

Pisang mas yang dibudayakan Santoso bersama kelompoknya adalah pisang mas asal Temanggung, Jawa Tengah. Hasil panen pertama pun langsung maksimal. Pisang mas yang mereka tanam menghasilkan buah pisang yang panjang dan manis. ”Sempat tidak terawat karena terkendala pemasaran,’’ tambahnya.

Baca juga: Ada 124 Titik, Penuhi Kebutuhan Rumah Tangga dan Irigasi

Manisnya Pisang Mas Wonosalam Lebih Manis dan Panjang

Namun, setelah melalui beberapa tantangan akhirnya petani pisang di Desa Wonomerto bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran pisang 2020 lalu. Dari situlah pemasaran mereka mulai lancar. ”Hingga 2020 kemarin kita melakukan pembibitan sebanyak 17 ribu bibit. Sebanyak 5.700 bibit ada di kawasan Wonomerto,’’ papar dia.

Salah satu keunggulan pisang mas Wonosalam adalah rasanya yang lebih manis. Dari penelitian yang pernah dilakukan, kandungan gula pisang mas Wonosalam lebih tinggi daripada pisang mas yang ditanam di daerah daerah lain. ”Selain itu, buahnya juga lebih panjang,’’ jelas dia.  

Petani juga melakukan perawatan dengan cermat. Misalnya mengkombinasikan pupuk kandang dan pupuk kimia. ”Kalau pupuk NPK kita lakukan dua bulan sekali, namun kalau pupuk kandang kita lakukan rutin secara berkala,’’ papar dia.

Pisang mas Wonosalam baru bisa dipanen pada usia sembilan bulan atau tiga kali per tahun dalam satu rumpun tanaman. Namun agar hasil panen maksimal, petani wajib membungkus tandan pisang yang sudah berbuah dengan plastik. ”Karena kalau tidak kita bungkus nanti didatangi serangga hingga dijadikan tempat sarang burung,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia