Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Wonderland Wonosalam
icon featured
Wonderland Wonosalam
Berburu Anggrek Lokal dari Hutan Wonosalam

Perawatan Mudah, Gunakan Pupuk Kompos

13 Januari 2022, 08: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Perawatan Mudah, Gunakan Pupuk Kompos

Share this      

UNTUK merawat tanaman anggrek hutan koleksinya, Suyanto tak perlu mengeluarkan biaya besar. Dia memanfaatkan media alam, seperti serabut pohon pakis hutan yang sudah mati. Selain itu, ia juga menggunakan pupuk kompos dari olahan kotoran hewan ternak miliknya.

”Perawatan cukup mudah. Karena tanaman anggrek pada dasarnya mudah hidup,” ujar dia kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Sohel, sapaan akrab Suryanto menggunakan media tanam serabut pakis hutan, arang hingga akar pohon. Menurutnya, itu menyesuikan tempat hidup anggrek di hutan. ”Pohon pakis banyak sekali tumbuh di dalam hutan. Jadi yang sudah mati saya bawa pulang untuk media penanaman anggrek,” tambahnya.

Baca juga: Pasar Buah Wonosalam Jaga Citra Durian Wonosalam

Perawatan Mudah, Gunakan Pupuk Kompos

Selain itu, untuk merawat anggrek hutan asli bumi Wonosalam itu, Sohel tak pernah mengeluarkan ongkos mahal. Sebab ia selalu menggunakan pupuk kompos. ”Kebetulan punya ternak, dan kotorannya saya jadikan pupuk organik,” jelas dia.

Sayangnya, saat ini bukan musim bunga anggrek. Ia menyebut, anggrek-anggreknya itu berbunga pada akhir tahun kemarin atau sekitar November – Desember. ”Saat ini hanya beberapa yang berbunga. Lainnya sudah berbunga dua bulan lalu,” pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia