Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Wonderland Wonosalam
icon featured
Wonderland Wonosalam
Berburu Si Manis Legit Asli Wonosalam

Durian Jatuh dari Pohon Lebih Nikmat

06 Januari 2022, 09: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Durian Jatuh dari Pohon Lebih Nikmat

Share this      

UNTUK bisa mendapatkan sensasi rasa buah durian yang lebih mantap, pecinta durian bisa mencicipi durian jatuh dari pohon alias masak pohon. Dijamin rasa manis legitnya lebih nendang.

Tepatnya Rabu (5/1) Jawa Pos Radar Jombang berkesempatan menyusuri kebun durian milik Ismiyati, 45, warga Desa Wonosalam. Terlihat deretan berbagai jenis pohon durian sudah berbuah. Aroma semerbak khas buah durian seketika menyeruak tajam.

Salah saorang pemuda terlihat dengan lihat memanjat satu per satu pohon durian dan meraih buahnya yang siap dipanen. Seolah sudah sangat lihai, dalam sekejap tangannya sudah mampu mencapai buah-buah yang siap dipanen.

Baca juga: Kenalkan Durian Wonosalam Jombang Lewat Aplikasi

Beberapa buah durian terlihat dalam posisi tergantung dengan seutas tali rafia yang terikat di bagian tangkai. ”Yang posisinya tergantung itu menunjukkan duriannya sudah matang. Memang sengaja diikat dengan rafia biar tidak sampai jatuh ke tanah,” terang Ismiyati.

Dia menerangkan, memasuki awal tahun saat ini, intensitas panen durian lebih rutin. Pasalnya, tidak sedikit buah durian masak di pohon. ”Panennya setiap dua hari sekali kalau yang sudah lepas dari batang pohon,” bebernya.

Untuk memanen durian yang sudah matang, biasanya dilakukan mereka yang sudah ahli. Karena mereka harus memetik satu persatu dari pohon. ”Yang dipanen yang matang saja, sisanya kita tunggu sampai matang dan terlepas dari batangnya,” tambahnya.

Keunggulan rasa durian jatuh dari pohon dibandingkan durian karbitan dinilai jauh berbeda. Durian jatuh dari pohon rasanya lebih nikmat. ”Tentu rasanya beda. Selain lebih segar dagingnya, rasa manis legitnya juga terasa sekali,” jelas dia.

Karena keunggulan rasanya, harga jual durian jatuh dari pohon dipatok lebih mahal. ”Harganya juga lebih mahal memang,” bebernya. Meski begitu, buah durian jatuh dari pohon banyak dicari pembeli, khususnya para pecinta durian. ”Beberapa pelanggan malah sudah pesan jauh-jauh hari, agar bisa dapat durian jatuh dari pohon,” bebernya.

Menurutnya, setiap datang musim durian, banyak petani semringah. Sebab, mereka bisa meraup banyak pemasukan dari hasil panen durian.

Salah satunya dirasakan Ismiyati. Dia pun meraup banyak pemasukan dari hasil berjualan buah durian. Ada beberapa jenis durian yang ia jual. Di antaranya durian lokal, mentega, montong dan mrico. Dari beberapa jenis itu, jenis mrico yang paling banyak diburu pelanggan. ”Durian mrico ini ukurannya lebih kecil daripada montong dan lokal. Tapi rasanya lebih enak,” jelas dia.

Harga satu buah durian mrico dibandrol mulai Rp 50 – Rp 70 ribu, tergantung ukuran. Saat ini harga durian mrico maupun durian lokal Wonosalam memang cenderung lebih mahal. ”Biasanya saat panen raya, yakni bulan Maret sudah mulai menurun,” pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia