Selasa, 25 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Wonderland Wonosalam
icon featured
Wonderland Wonosalam

Manisnya Buah Manggis Asli Desa Jarak Wonosalam

Daging Lebih Tebal, Jadi komoditas Unggulan

02 Desember 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Manisnya Buah Manggis Asli Desa Jarak Wonosalam

POTENSI UNGGULAN: Manggis asli Desa Jarak Kecamatan Wonosalam dikenal memiliki rasa yang manis dan berbiji kecil.

Share this      

HAMPIR semua desa di Kecamatan Wonosalam memiliki potensi unggulan masing-masing. Tak terkecuali Desa Jarak, yang terletak di ujung selatan Wonosalam. Desa ini dikenal dengan melimpahnya buah manggis. Bahkan, saat panen raya, Desa Jarak bisa menghasilkan hingga 150 ton manggis.

Memasuki wilayah Desa Jarak, pandangan kita akan disajikan hamparan pohon manggis yang luas. Kebanyakan terlihat masih hijau atau belum siap dipanen. Sejumlah petani terlihat sibuk memangkas ranting-ranting pohon yang kering. Nampak buah manggis yang masih hijau bergelantungan. Sebagian buah terlihat sudah matang atau siap dipetik. ”Alhamdulillah tahun ini buahnya lebat,’’ ujar Suwarni, salah satu petani kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin.

Suwarni menerangkan, saat ini belum memasuki masa panen. Panen raya manggis biasanya antara Januari hingga April. ”Ada beberapa yang sudah masak, tapi itu buah apitan atau yang masak duluan dari buah lainnya,’’ tambahnya.

Baca juga: Budi Daya Porang Jadi Andalan Panglungan Wonosalam Jombang

Manisnya Buah Manggis Asli Desa Jarak Wonosalam

Diakui, sejak dahulu Desa Jarak dikenal sebagai Desa penghasil manggis. Tanah yang subur menjadikan kualitas buah manggis yang dihasilkan petani Jarak siap bersaing. Selain buahnya lebat, manggis dari Desa Jarak dirasa lebih segar dan manis. Selain itu, dagingnya juga tebal. ”Kalau dimakan ini lebih segar dan manis,’’ terangnya. Menurutnya, merawat tanaman manggis cukup mudah. Petani cukup memberikan pupuk kandang secara rutin. ”Ya untuk pupuk kita gunakan pupuk kandang,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan, Sunar Kadir petani lainnya. Di kebunnya ada beberapa pohon manggis yang berbuah lebat. ”Memang di Jarak banyak yang menanam manggis. Selain tumbuh subur, manggis di sini hasil semaian petani sendiri,’’ ujar dia.

Agar pertumbuhan dan produktivitas tanaman manggis maksimal, masing-masing tanaman diatur jaraknya. ”Nanamnya diberi jarak sekitar 6 – 8 meter. Serta memberi pupuk secara rutin. Perawatan lain tetap kita lakukan, misalnya memotong ranting-ranting pada pohon,’’ pungkasnya. (ang/naz)

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia