Selasa, 18 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Tokoh
icon featured
Tokoh
Amiroh, Guru Teladan Tingkat Nasional

Cetuskan Media Pembelajaran Berbasis TIK, Go Internasional

28 November 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Cetuskan Media Pembelajaran Berbasis TIK, Go Internasional

Share this      

MOMENTUM peringatan Hari Guru Nasional (HGB) menjadi kebanggaan tersendiri bagi Amiroh. Guru mata jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMKN 3 Jombang ini berturut turut menjadi juara 1 baik tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Bahkan, ia juga pernah meraih juara tingkat internasional.

Sejak menjadi guru, Amiroh memang tertarik pada pengembangan media pembelajaran berbasis TIK, baik berbasis web maupun mobile Android. Selain mengajar, ia juga aktif dalam kegiatan peningkatan SDM Guru di bidang TIK dengan menjadi instruktur baik di sekolah maupun di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Amiroh, lahir di Desa Ngampel, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, 27 Januari 1977 dari pasangan Askonah dan Adnan. Anak bungsu dari lima bersaudara ini sejak kecil menghabiskan pendidikan di madrasah. Ia mulai mengawali pendidikannya di MI Tarbiyatul Islamiyah, Desa Ngampel lulus 1989.

Baca juga: Nadlifah Rizki Utami: Wanita Harus Mandiri

Cetuskan Media Pembelajaran Berbasis TIK, Go Internasional

Lalu melanjutkan MTs AS Saadah Sampurnan, Bungah, Gresik, lulus 1993 dan melanjutkan jenjang akhir ke MA AS Saadah lulus 1995. ”Sejak kecil memang sekolah di madrasah,’’ ujar dia ditemui dikediamannya, Jl Pakubuwono, Desa Mojongapit, Kecamatan/Kabupaten Jombang kemarin (27/11).

Usai lulus MA, ia kemudian melanjutkan D3 di Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang jurusan Manajemen Informatika Komputer lulus 1998. Amiroh, juga meneruskan studi S1 nya di jurusan Teknik informatika Undar lulus 2005. ”Sejak lulus D3, saya langsung mengajar di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT – Rejoso Peterongan Jombang mulai 1999-2010,’’ terangnya.

Selain mengajar di SMA DU 2 Rejoso, Amiroh juga punya kesibukan lain sebagai dosen di STIKES ICME 2008-2010 mata pelajaran Teknik Informatika Komputer (TIK). ”Pada 2010, akhirnya saya diangkat menjadi CPNS, setelah mengikuti rekrutmen,’’ tambah istri Aan Anshori ini.

Amiroh ditugaskan mengajar di SMKN 3 Jombang jurusan TKJ mulai 2010 sampai sekarang. Meski sibuk mengajar, Amiroh juga aktif mengikuti berbagai kejuaraan mulai tingkat kabupaten hingga internasional. Deretan prestasi yang pernah diraihnya, adalah juara 1 guru SMK berprestasi tingkat nasional 2019, juara 1 guru SMK berprestasi Provinsi Jawa Timur 2019, juara 1 guru SMK berprestasi Kabupaten Jombang 2018.

Selain itu, juara 2 Duta Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur oleh Pustekkom Kemdikbud RI 2018, juara 1 lomba membuat bahan ajar berbasis TIK (MembaTIK) oleh Pustekkom Kemdikbud RI 2017, Master Digital Squad, oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Telkom Indonesia 2016, juara I Microsoft Office Sway – 21st Century Learning Design oleh Universitas Sampoerna berkerja sama dengan Microsoft 2015.

Juga pernah meyabet juara II guru berprestasi Kabupaten Jombang oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang 2015, juara II lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran (KIIP) SMK 2015 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2015, pemenang lomba inovasi Guru Kreatif Astra oleh Astra International Tbk. Pada 2015, guru pelopor pengembangan pembelajaran digital melalui program Indonesia Digital Learning (IDL) oleh PGRI bekerja sama dengan Telkom Indonesia 2015, hingga menjadi The winner of Microsoft Educator Exchange (E2) HackClass Award oleh Microsoft Global, Budapest, Hungaria 2016. ”Alhamdulillah, keluarga selalu mendukung kegiatan yang saya lakukan,’’ tandasnya.

Selain kerap menjadi juara, Amiroh yang juga menjadi Instruktur PGRI Jombang sejak 2018. Ia  sering diminta menjadi narasumber, instruktur Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur hingga r Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Ia juga berhasil menulis dua buku yang sudah diterbitkan di penerbit ternama.

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia