Jumat, 03 Dec 2021
Radar Jombang
Home / Tokoh
icon featured
Tokoh

Heru Ariwanto Pernah Ngajar Fisika Sambil Melatih Silat

21 November 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Heru Ariwanto Pernah Ngajar Fisika Sambil Melatih Silat

Heru Ariwanto, Ketua Umum KONI Jombang

Share this      

NAMA Heru Ariwanto tentu familiar di kalangan pegiat olahraga. Ya, sejak beberapa tahun silam, ia seorang pelatih, pembina sekaligus guru pencak silat di cabang olahraga Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jombang. Kini, ia mengemban amanah sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jombang.

Heru Ariwanto lahir di Magetan, 9 Januari 1963 dari pasangan Syafii dan Nunuk. Anak pertama dari dua bersaudara ini mengawali pendidikan di SDN Truneng Sukomoro Magetan. Usai lulus SD, ia kemudian boyong ke Jombang bersama keluarganya dan bertempat tinggal di Desa Sukoiber, Kecamatan Gudo.

”Saya akhirnya melanjutkan ke SMP PGRI Gudo,’’ ujar dia kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (20/11). Setelah itu, Heru kembali ke Magetan, tinggal bersama saudaranya. Sedangkan, orang tuanya tetap tinggal di Jombang. Heru melanjutkan sekolah di SPG Magetan lulus 1982.

Baca juga: Hariani: Jaga Imun Tubuh dengan Ekstrak Herbal

Sejak di Magetan, Heru mulai bergabung klub pencaksilat Persaudaraan Setia Hati Teratai. ”Saya masuk sejak 1979 dan disahkan menjadi warga 1981,’’ jelas dia. Empat tahun kemudian, ia kembali ke Jombang untuk meneruskan kuliah di IKIP PGRI Jurusan Pendidikan Umum.

”Saya waktu itu ambil jalur muda atau setara D3. Setelah lulus, saya memilih untuk transfer ke S1 di IKIP PGRI atau STKIP PGRI Jombang,’’ jelasnya lagi.

Heru menceritakan, meski kuliah ia tetap aktif mengikuti berbagai kegiatan pencak silat. Bahkan mendirikan tempat latihan Persaudaraan SH Teratai sejak 1989 di Kecamatan Gudo. ”Kami biasanya latihan di SKB Gudo,’’ tambah dia. 

Disamping sebagai pelatih, Heru juga mengisi hari-harinya dengan mengajar di SMP PGRI Peterongan. Ia mengajar mapel Fisika di SMP PGRI Peterongan cukup lama sejak 1987 hingga 1994. ”Kemudian saya resign karena saat itu penerimaan CPNS sulit,’’ kenangnya.

Heru tercatat mulai masuk di kepengurusan IPSI Jombang sejak 1990. Ia juga pernah jadi wasit pertandingan tingkat provinsi setelah lolos penataran wasit pada 1997. ”Alhamdulillah sejak 2012 hingga Maret 2021 saya dipercaya memimpin IPSI Jombang,’’ tambah bapak tiga anak ini.

Banyaknya pengalaman yang sudah dikantongi, membuat ia dipercaya menjadi wakil Ketua III KONI 2017-2020. Lalu 9 Desember 2021 lalu ia terpilih sebagai Ketua KONI Jombang. Kemudian, kedudukannya di IPSI Jombang harus dilepas karena sesuai persyaratan tidak boleh merangkap sebagai ketua cabor. ”Ssejak 2017 saya ditunjuk ketua Cabang Jombang Persaudaraan Setia Hati Teratai sampai sekarang. Kalau Ketua SH tidak apa-apa merangkap sebagai Ketua KONI. Asalkan tidak ketua cabor,’’ tandasnya.

Suami Jumilah, perempuan asal Ngumpul Jogoroto yang dinikahi 1990 juga ini aktif sebagai pengurus IPSI Jawa Timur bidang organisasi dan pengurus pusat PSHT Madiun bidang organisasi. “Hingga sekarang,” pungkas Heru.

(jo/ang/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia