Senin, 17 Jan 2022
Radar Jombang
Home / Tokoh
icon featured
Tokoh
Dr Abd Rohim SE, MSi

Wujudkan Kampus Unggul di Pengabdian Masyarakat

09 Januari 2022, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Wujudkan Kampus Unggul di Pengabdian Masyarakat

Dr Abd Rohim SE MSi Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) PGRI Dewantara Jombang

Share this      

MENJABAT Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) PGRI Dewantara Jombang sejak tahun kemarin, Dr Abd Rohim SE MSi punya misi khusus untuk kampus dan lulusannya. Dengan program unggulan, ia ingin seluruh civitas akademika terus melakukan pengabdian masyarakat. Utamanya berkaitan dengan ekonomi.

“Kami berupaya memunculkan trademark unggul di pengabdian masyarakat, khususnya bidang peningkatan ekonomi,” ucap Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang 2021-2025 ini. Cita-cita itu telah dirintis sejak 2020 lalu. Melalui project Sekolah BUMDes yang dimiliki kampus. “Program ini pertama kali di Jombang dan dibuka langsung Mendes PDTT,” lanjutnya.

Rohim menjelaskan, telah bekerjasama dengan Pemkab Jombang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk melaksanakan sekolah BUMDes bagi 100 BUMDes terpilih. Program ini berlangsung selama lima tahun. “Sekarang sudah masuk tahun kedua, dan akan berlanjut sampai nanti selesai,” sambung alumnus S3 Managemen Universitas Brawijaya ini.

Baca juga: Dian Yunitasari: Sukses Dalam Karir dan Bisnis

Wujudkan Kampus Unggul di Pengabdian Masyarakat

Pihaknya akan membantu Pemkab Jombang mendampingi program BUMDes di Jombang, dari kondisi yang tidak begitu menggembirakan menuju Bumdes maju. Dimulai dari materi yang diberikan kampus. “Tapi kita tidak seremonial saja, tapi dilanjutkan dengan KKN, mahasiswa akan turun ke desa selama satu bulan,” imbuh Rohim.

Selama itu pula mahasiswa akan mempraktikkan ilmu ekonomi di desa dan membantu pengelolaan BUMDes. “Laporan keuangan, desain produk, digital marketing sampai inovasi kita damping seluruhnya,” tambahnya.

Program ini akan didukung dosen yang akan turun dan melakukan pengabdian masyarakat dengan titik dan fokus yang sama. Disusul lagi, dengan program KKM atau mahasiswa magang yang juga akan membantu operasional BUMDes.

“Jadi dengan program ini, mulai institusi, dosen sampai mahasiswa terjun semua bersama DPMD mendampingi BUMDes di Jombang agar terus berkembang dan maju,” lontar bapak dua anak ini.

Ia menyebut, program ini akan jadi win-win solution bagi mahasiswa, pemdes dan pemkab. Dengan pengabdian masyarakat, mahasiswa akan belajar langsung menerapkan ilmu. Sedangkan pemerintah, juga akan mendapat keuntungan berupa ilmu baru yang ditularkan mahasiswa. “Mahasiswa kami sudah diberi bekal untuk wirausaha. Melalui BUMDes, mahasiswa mampu mengembangkan usaha mereka melalui masyarakat,” pungkasnya.

(jo/riz/jif/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia