Puspita Indriani, Guru Bahasa Jawa yang Multitalenta dan Berprestasi

14

 

JOMBANG – Puspita Indriani merupakan salah satu guru berprestasi yang dimiliki SMPN 3 Jombang. Sosoknya dikenal multitaleta. Meskipun mengajar sebagai guru bahasa Jawa namun guru yang akrab dipanggil Puspita ini mampu merambah ke berbagai bidang, antara lain sebagai pembina paskibra, lomba menyanyi, puisi serta banyak bidang lainnya. tak ayal berkat polesannya telah berhasil mencetak siswa-siswi berprestasi.

”Para murid memiliki hasrat yang berbeda pada masing-masing pribadinya, jadi saya sebagai guru hanya membantu sekaligus mengarahkan menjadi lebih baik sesuai dengan kemampuan saya,” ungkap warga Desa Dapurkejambon, Kecamatan Jombang ini.

Sebagai seorang guru yang mengajar bahasa Jawa, Puspita kerap menggunakan bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari dengan para muridnya. Tak jarang juga dia menyelipkan bahasa lain supaya para murid tidak hanya terpaku pada satu bahasa.

Hal sederhana tersebut membuat Puspita sangat dekat dan akrab dengan para muridnya. ”Kenyamanan pembelajaran adalah cara utama agar para murid dapat menyerap materi pelajaran dengan efektif,” terangnya.

Baca Juga :  Semua Dapat Sangu

Dalam menyampaikan materi pembelajaran bahasa Jawa, Puspita kerap menggunakan media sosial secara live. Hal ini dalam rangka memfasilitasi para murid yang tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) karena adanya pembatasan. ”Kenapa saya tidak menggunakan aplikasi pertemuan digital yang lain, jawabannya sederhana. Karena mayoritas di handphone setiap murid pasti sudah ada aplikasi media sosial” tutur Puspita.

Selain para murid yang dapat hadir secara langsung di sekolah, para murid yang tidak dapat hadir juga dapat menyimak materi yang dia sampaikan melalui siaran live media sosial. Jika terlewat ataupun kurang jelas, para murid juga masih dapat memutar video yang terekam di media sosial tersebut. ”Metode pembelajaran harus fleksibel dan dapat mengikuti perubahan teknologi sekarang serta dapat memudahkan para murid dalam menuntut ilmu,” imbuhnya.

Baca Juga :  Rini Susanti: Hobi yang Membawa Prestasi

Kemudahan yang dia terapkan dalam sistem pembelajaran kepada para muridnya berjalan selaras dengan prestasi para murid serta dirinya sendiri. Puspita pernah terpilih menjadi guru berprestasi peringkat pertama pada tahun 2017. Sebagai pembina bidang lain tepatnya sebagai pembina ekstrakurikuler paskibra.

Prestasi tidak kalah cemerlang lainnya  juga pernah dia ukir. Selain sebagai kandidat rutin peraih piala di tingkat provinsi sebagai juara umum, Puspita merupakan pelopor penyelenggara kegiatan lomba ketangkasan baris berbaris (LKBB) sebagai event terbesar di Kabupaten Jombang dengan kemasan Genderang Indonesia (Jombang Open) dengan peserta dari berbagai kabupaten lain yang telah terlaksana selama lima season dalam lima tahun berturut-turut yang dilaksanakan setiap 25 November setiap tahunnya. Di tingkat kabupaten dan provinsi, prestasi tidak kalah mentereng juga kerap diukir Puspita dan para muridnya dalam lomba puisi serta lomba menyanyi.

Selanjutnya……






Reporter: Dwi Aris Supriyanto