alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Terkait Program ASN Beli Telur Banyak Peternak Tak Tahu

14 Oktober 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Terkait Program ASN Beli Telur Banyak Peternak Tak Tahu

Share this      

JOMBANG – Para peternak di Jombang ternyata banyak yang tidak tahu ada program pemerintah yang mewajibkan ASN beli telur. Padahal, mereka juga kesulitan menjual produksi telurnya.

Salah satu peternak telur asal Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang Karlis, mengaku tidak tahu kalau ada program ASN membeli telur. Selama dua bulan ini harga telur jatuh. Bahkan, biaya operasional untuk pakan dan perawatan ayam tidak sebanding dengan harga telur yang dijual sekarang.

”Harganya hancur mumur saya sendiri harus ngecer sendiri,” ujarnya kemarin. Seandainya, dirinya tahu program itu tentu akan sangat membantu. Terutama menutup biaya operasional yang telah dikeluarkan. Dia semakin merugi lantaran pembeli telur sangat sedikit. Sehingga dirinya harus menjual secara ecer ke tetangga dan di jalan-jalan.

Baca juga: Mutasi Pejabat Berbau Tak Sedap, Guru Biasa Langsung Kabid

Hal senada disampaikan peternak lainnya, Sutris asal Desa Glagahan, Kecamatan Perak yang mengaku juga tidak tahu  ada program ASN membeli telur peternak. ”Saya tidak mendapat informasi apa-apa dari dinas,” tegasnya. Seharusnya, kalau memang ada program seperti itu, maka disebar secara merata ke semua peternak yang ada di Jombang.

Mengingat jumlah peternak di Jombang juga sangat banyak. ”Hasil produksi sendiri atau gimana telurnya. Jangan-jangan diambil dari Blitar,” tanya dia. Sudah sewajarnya semua peternak di Jombang bisa dilibatkan. Terlebih peternak dengan skala kecil. ”Kalau peternak kecil sangat sulit menjual,” pungkas Sutris.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP