alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

31 SD di Jombang Minim Siswa

14 Oktober 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

31 SD di Jombang Minim Siswa

Share this      

JOMBANG – Banyak SD yang kekurangan murid. Sebanyak 31 SD memiliki murid dibawah 60 orang tiga tahun terakhir. Salah satu faktornya adalah usia sekolah di desa minim.

”Penyebabnya banyak faktor, bisa jadi anak usia sekolah di desa tersebut sedikit, jadi tidak bisa dipaksakan,” kata Endro Wahyudi, kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, kemarin.

Penyebab lainnya,  karena adanya kompetitor sekolah. Seperti MI yang ada dalam satu desa. Atau ada desa yang memiliki lebih dari satu SD.

Baca juga: Student Journalism: Istiqamah Jalan Berkah

Faktor lainnya, karena orang tua lebih memilih sekolah yang dinilai lebih maju dan memiliki kualitas bagus dibandingkan dengan SD yang ada di desanya.

”Orang tua kan bisa memilih sekolah yang mungkin menurutnya lebih unggul, jadi anaknya disekolahkan di sana,” ucapnya. Walaupun sekolah itu ada di luar desa.

Mayoritas SD yang minim siswa berada di pinggiran. Juga desa yang memiliki lebih dari satu SD. Kecamatan Bareng paling banyak SD yang siswanya minim. ”60 siswa yang dimaksud itu jumlah keseluruhan mulai dari kelas satu sampai kelas enam,” jelasnya.

Dari 31 SD yang memiliki dibawah 60 siswa, enam diantaranya ada di Bareng. SDN Pakel 2, SDN Pakel 3, SDN bareng 6, SDN Tebel 1, SDN Ngrimbi 2, SDN pakel 2, SDN Mojotengah 1 dan SDN Kebondalem 1.

Dari Kecamatan Bandarkedungmulyo, SDN Brangkal 1 dan SDN Brangkal 2. Dari Kecamatan Diwek, SDN Ngudirejo 2, SDN Cukir 2, SDN Bulurejo 2 dan SDN Kwaron 2.

Dari Kecamatan Jombang juga cukup banyak. SDN Pulolor 4,  SDN Dapurkejambon 3. SDN Jabon 2, SDN Sambongdukuh  2 dan SDN Plosogeneng 3.

Dari Kecamatan Kesamben, SDN Jatiduwur. Kecamatan Kudu, SDN Tapen. Kecamatan Megaluh, SDN Sumbersari 2 dan SDN Ngogri 1. Kecamatan Mojoagung, SDN Betek 2. Kecamatan Mojowarno, SDN Mojowarno 4.

Kecamatan Ngoro, SDN Kartorejo 2 dan SDN Pulorejo 3. Kecamatan Perak, SDN Glagahan 2. Kecamatan Sumobito, SDN Curahmalang 3.  Kecamatan Wonosalam, SDN Wonokerto 3 dan SDN Sambirejo 3. Kecamatan Peterongan, SDN Peterongan 2.

”SDN Plosogeneng 3, SDN Pulorejo 3 siswanya dibawah 60 selama dua tahun terakhir,’’ ungkapnya. SDN Ngogri 1 dan SDN Peterongan 2 siswanya kurang dari 60 baru satu tahun terakhir. 

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP