alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

DPPKB PPPA Jombang Gelar Sosialisasi Percepatan dan Penurunan Stunting

13 Oktober 2021, 07: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

DPPKB PPPA Jombang Gelar Sosialisasi Percepatan dan Penurunan Stunting

Share this      

JOMBANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Jombang terus berupaya menekan angka kasus stunting. Salah satunya menggelar sosialisasi percepatan dan penurunan stunting melalui edukasi pengasuhan 1.000 HPK bagi ibu hamil dan keluarga balita.

”Sasaran kita ibu hamil, ibu pengasuh balita, dan calon pengantin,” kata Nurkamalia, Kepala DPPKB-PPPA Jombang.

Kegiatan ini untuk mencetak generasi penerus yang gemilang, utamanya di 1.000 HPK (hari pertama kehidupan). Dia menambahkan, 1.000 HPK dimulai sejak dari fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari).

Baca juga: Polres Jombang Dalami Dugaan Penyimpangan Anggaran Isoter

Kegiatan dilaksanakan dua hari di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang, tepatnya 12-13 Oktober. Per hari diikuti 90 peserta, khususnya dari 11 desa lokasi khusus (lokus).

Dalam kegiatan itu juga dibentuk tim pendamping keluarga, terdiri dari bidan, TP PKK, Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan sub PPKBD, tokoh agama. Mereka berperan untuk mendampingi ibu hamil agar mendapatkan konsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk ibu pengasuh balita, agar dapat memberikan ASI eksklusif, dan dapat memberikan pendampingan makanan pendamping ASI (MPASI) yang tepat, aman dan bergizi.

Untuk calon pengantin agar dapat pendampingan serta pembinaan tentang reproduksi sehat. ”Jika ada yang terlanjur stunting agar dapat memperbaiki gizinya,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP