alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah
Progres Minus Hampir 10 Persen

Proyek Kecamatan Sumobito Jombang Terancam Molor

13 Oktober 2021, 09: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

MINUS: Pekerjaan kantor Kecamatan Sumobito tak sesuai target.

MINUS: Pekerjaan kantor Kecamatan Sumobito tak sesuai target.

Share this      

JOMBANG – Proyek pembangunan kantor Kecamatan Sumobito terancam molor. Meski masa pengerjaan sudah mepet,  progres masih saja minus. Keterlambatan pengerjaan bahkan mencapai hampir 10 persen.

Mustaghfirin Camat Sumobito menyampaikan, pekerjaan proyek memang belum memenuhi target sesuai rencana awal. ”Sekitar 90 persen lebih sedikit dari target 98 persen. Sehingga masih ada keterlambatan lagi,” katanya Selasa kemarin (12/10).

Ia menyebut, hampir tiga kali progres pengerjaan mengalami keterlambatan. Hingga akhirnya pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek mengirim dua kali Surat Peringatan (SP) kepada pihak pelaksana. Keterlambatan di awal bulan ini hanya diberi teguran lisan. ”Karena sudah di akhir, kita hanya person. Istilahnya secara lisan karena mendekati dan hampir selesai,” imbuh dia.

Baca juga: Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Smelter Freeport

Meski begitu, belum seluruh pekerjaan selesai sesuai target semula. Salah satunya pemasangan kaca dan pintu yang belum dilakukan. ”Tinggal masang kaca dan pintu. Karena dulu kan masih banyak yang belum terpasang kaca,”  sambung Mustaghfirin.

Untuk itulah pihaknya berharap teguran yang disampaikan betul-betul diperhatikan. Pihak pelaksana harus bisa menjalankan komitmen awal. Meski di akhir September lalu, juga tidak bisa memenuhi target. ”Mudah-mudahan bisa selesai sesuai kontrak kerja. Karena kita dan pemborong ingin cepat selesai sesuai spesifikasi,” pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembangunan kantor Kecamatan Sumobito terancam molor. Dari laporan Sabtu (2/10) lalu, progres pengerjaan minus sekitar 10 persen dari terget 90 persen di akhir September. Agung M Site Manajer CV Maju Mapan tak menampik adanya keterlambatan pengerjaan proyek.   

Untuk diketahui, 2017 lalu, Pemkab Jombang menggelontorkan anggaran mencapai Rp 1,2 miliar untuk pembangunan kantor Kecamatan Sumobito. Sebagai pelaksana proyek CV Duta Karya Bangsa dan CV Cakrawala Design sebagai konsultan pengawas.

Dalam pelaksanaannya, proses pengerjaan amburadul. Pihak pelaksana tidak bisa menyelesaikan pekerjaan. Sebagai tindak lanjut, PPK memberi toleransi perpanjangan waktu hingga 22 Desember 2017. Namun lag-lagi pengerjaan tak tuntas, hingga dilakukan pemutusan kontrak.

Tahun ini, pemkab kembali menggelontorkan dana untuk pembangunan kantor Kecamatan Sumobito dengan pagu anggaran mencapai Rp 1,7 miliar. Sebagai pemenang lelang CV Maju Mapan Jl Mastrip RT 001 RW 001 Wlingi Blitar dengan mengajukan penawaran sebesar Rp 1.350.701.639,98.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP