alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

2.744 Siswa SMK di Jombang Terima PIP

13 Oktober 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

2.744 Siswa SMK di Jombang Terima PIP

Share this      

JOMBANG – Tidak semua siswa SMK mendapatkan Program Indonesia Pintar (PIP). Total penerimanya hanya 2.744 siswa. ’’Jumlah penerima tergantung usulan sekolah,’’ kata Trisilo Budi Prasetyo, kepala cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kabupaten Jombang, kemarin. Tidak semua sekolah mengusulkan siswanya untuk dapat PIP.

Siswa  sekolah pinggiran paling banyak menerima PIP. Seperti, SMKN Wonosalam, 136 siswa.  SMKN Gudo, 148 siswa. SMKN Kudu, 144 siswa.

’’Sekolah ditengah kota juga banyak yang menerima,’’ ucapnya. Seperti SMKN 1 Jombang, 265 siswa.

Baca juga: Heny Sulistyowati: Dosen Adalah Aktor dan Aktris

’’Kalau siswanya banyak yang memenuhi persyaratan seperti punya kartu KIS, bisa diusulkan,’’ tegasnya. Tapi kalau tidak diusulkan juga tidak apa-apa.

Pencairan PIP tingkat SMK dilakukan mulai Senin (11/10) di bank. Pencairan dijadwalkan sampai Selasa (19/10). Setiap hari tiga sampai enam sekolah. Siswa yang dapat PIP hanya kelas 10 dan 11. Kelas 12 tak dapat kuota dari pemerintah pusat. Nilainya masing-masing siswa Rp 1 juta per tahun.

Trisilo menjelaskan, tidak semua siswa yang mendapatkan PIP tahun ini akan dapat lagi tahun depan. Karena ada pembatasan kuota yang terus berubah setiap tahunnya. ”Kita persentase yang paling layak dapat siapa, biasanya dari sekolah-sekolah pinggiran, sekolah yang mapan juga tetap dapat, tapi persyaratan untuk dapat PIP juga harus lengkap,” bebernya.

Siswa bisa mencari tahu apakah menerima PIP atau tidak secara online, di laman pip.kemdikbud.go.id. Nanti siswa akan diminta memasukkan NISN, kemudian tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP