alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

PIP SD Sudah Cair Rp 10,1 Miliar

12 Oktober 2021, 09: 20: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

PIP SD Sudah Cair Rp 10,1 Miliar

Share this      

JOMBANG – Program Indonesia Pintar (PIP) tingkat SD hingga hari ini sudah cair Rp 10.123.200.000. Pencairan itu diberikan kepada 24.931 siswa. Belum semua siswa menerima PIP, karena masih banyak yang belum melakukan aktivasi rekening ke bank.

’’Hingga Sabtu (9/10) sudah ada 52 tahap pencairan,’’ kata Dadang Widodo, operator PIP SD Kabupaten Jombang, kemarin.

Yang belum aktivasi rekening bank belum menerima pencairan diatas. Walaupun sudah masuk SK nominasi sekalipun.

Baca juga: Student Journalism: Hiasan 8 Perkara

Pencairan dibagi menjadi banyak tahap. Campur dengan pencairan PIP SMP. Dadang tak bisa memastikan berapa tahap pencairan lagi sampai seluruhnya tersalurkan.

”Hampir setiap bulan ada pencairan,” ungkap Dadang.

Siswa tak menerima jatah yang sama. Untuk kelas 1 dan kelas 6 SD, mendapatkan Rp 225 ribu per tahun. Kelas 2 sampai kelas 5 dapat Rp 450 per tahun. ”Karena kelas 1 dan kelas 6 hanya masuk sekolah kurang lebih 6 bulan,’’ ucapnya. Maksudnya, di tahun masuk atau tahun kelulusan. Karena tahun pelajaran dihitung dari bulan Juli. Kelas 1 masuk Juli sampai Desember. Kelas 6 hanya masuk Januari sampai Juni.

 Sebanyak 2.723 siswa penerima PIP tingkat SD belum melakukan aktivasi rekening ke bank. Terakhir aktivasi tanggal 31 Oktober. Ada 3.327 siswa yang sudah melakukan aktivasi.

Untuk melihat dapat atau tidaknya PIP, ada orang tua yang mendapatkan SMS langsung dari pusat. Bisa juga mencari informasi ke sekolah, atau mengecek di pip.kemdikbud.go.id. Kemudian memasukkan NISN, tanggal lahir dan nama  ibu kandung.

Ada dua kategori SK penerima PIP. Ada SK pemberian yaitu 25.391 siswa dan SK nominasi ada 6.050 siswa. Penerima SK nominasi harus melakukan aktivasi.

Penerima SK pemberian tidak perlu aktivasi karena sudah pernah melakukan pencairan sebelumnya. ”Yang lain tidak perlu aktivasi, karena sebelumnya pernah menerima, punya rekening dan rekeningnya tidak ganti,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP