alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Kerusakan Ringan Bisa Pakai BOS

12 Oktober 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

AMBRUK: SDN Catakgayam 1 ambruk Rabu (6/10). SDN Catakgayam 1 masuk dalam kategori kerusakan sedang.

AMBRUK: SDN Catakgayam 1 ambruk Rabu (6/10). SDN Catakgayam 1 masuk dalam kategori kerusakan sedang.

Share this      

JOMBANG – Tidak semua kerusakan sekolah diperbaiki menggunakan APBD/APBN. Sekolah bisa melakukan perbaikan sendiri dengan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Asalkan kerusakan dibawah 30 persen.

”Kalau kerusakan ringan dibawah 30 persen bisa diperbaiki sendiri pakai dana BOS,” kata Ahmad Jalaludin, kasi Sarana Prasarana SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, kemarin.

Dana BOS bisa dipakai untuk rehab, nilainya maksimal 20 persen dari BOS yang diterima masing-masing sekolah. Sedangkan perbaikan hanya bisa dilakukan untuk kerusakan kategori ringan. Misalnya rehab ruang kelas, atau mengatasi bocor.

Baca juga: Student Journalism: Pentingnya Ikhlas

Dana BOS juga bisa dipakai untuk pembangunan skala kecil yang tidak membutuhkan terlalu banyak dana. Seperti pembangunan sarana cuci tangan di depan kelas. Jika nilainya sedikit, maka bisa menggunakan dana BOS. ”Yang penting tidak lebih dari 20 persen dana BOS,” jelasnya.

Sedangkan kerusakan kategori sedang, 30-39 persen, juga perbaikan berat atau lebih dari 40 persen, harus mengajukan rehab ke Dinas P dan K. Nantinya, kerusakan akan direhab dengan menggunakan dana APBD atau APBN.

Seperti rehab yang akan dilakukan di 39 SD bulan ini. Menggunakan dana P-APBD senilai Rp 4,7 miliar.  Termasuk untuk SDN Catakgayam 1, yang Rabu (6/10) ambruk karena sudah terlalu lapuk. ”Itu (SDN Catakgayam 1) masuk rehab bulan ini, tapi keduluan ambruk,” ungkapnya.

Nilai rehab per SD tidak sama. Karena masing-masing SD memiliki kategori kerusakan masing-masing. Ada kategori sedang hingga berat. ”Tapi yang akan kami rehab semuanya kategori sedang,” jelasnya.

Rencananya, rehab dimulai bulan ini. Dinas masih menunggu perencanaan dari konsultan. Jika perencanaan sudah jadi, langsung eksekusi. Targetnya sampai pertengahan Desember semua harus selesai.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP