alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Hari Keempat Proses Ekskavasi, Singkap Denah Situs Watukucur

11 Oktober 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : M. Nasikhuddin

MASIH DILANJUTKAN: Tim BPCB Jatim terus melakukan ekskavasi penyelamatan situs Watu kucur kemarin

MASIH DILANJUTKAN: Tim BPCB Jatim terus melakukan ekskavasi penyelamatan situs Watu kucur kemarin

Share this      

JOMBANG – Eksvakasi penyelamatan Situs Watukucur di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung terus berlangsung hingga kemarin (10/10). Memasuki hari keempat, tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim berhasil menyingkap denah struktur Situs Watukucur.

M. Ichwan Ketua Tim Ekskavasi Penyelamatan Situs Watukucur BPCB Jatim menjelaskan, di hari keempat tim sudah mendapatkan denah struktur bangunan dari Situs Watukucur. ”Di hari keempat ini, kami sudah mendapatkan denah struktur Situs Watukucur,” terang M. Ichwan dia kepada Jawa Pos Radar Jombang dihubungi, kemarin.

Dijelaskan, dari hasil ekskavasi hari keempat tersebut, diketahui struktur Situs Watukucur terdiri dari tiga sap bangunan. Dengan bagian dasar berbentuk bujur sangkar yang lebar dan memusat ke tengah semakin kecil. ”Mirip bujur sangkar, dan bentuknya mirip Candi Gentong 1 di Trowulan, timurnya Candi Brahu,’’ tambahnya.

Baca juga: Masih Ada Seleksi PPPK Guru Gelombang Kedua di Jombang

Dia menambahkan, struktur bangunan Candi Gentong disebut memiliki beberapa sap. Dengan bagian dasar berbentuk persegi. Namun demikian, pihaknya masih belum dapat memastikan karena proses ekskavasi masih berlangsung. ”Ya berlangsung selama 10 hari hingga tanggal 16 Oktober nanti,” terangnya.

Selain denah, tim masih meneliti adanya potensi temuan benda-benda lain yang mendukung tempat tersebut sebagai tempat suci. Sementara, tim menemukan beberapa pecahan fragmen kecil mirip keramik ”Temuan struktur lain belum banyak. Tapi, di sini memang ada fragmen-fragmen kecil,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Situs Watukucur di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang mulai diekskavasi kemarin. Situs yang didata sejak 10 tahun lalu ini bakal diteliti bagaimana bentuk aslinya. "Kita mulai sejak Kamis (7/10) kemarin sampai 16 Oktober nanti. Luasan yang diekskavasi 15x15 meter persegi,” terang M. Ichwan Ketua Tim Ekskavasi Penyelamatan Situs Watukucur BPCB Jatim.

Sejumlah lubang yang berada di pinggir struktur bata mulai digali. Beberapa lubang lain juga terlihat mulai terbuka di sekeliling yoni yang berdiri tanpa lingga. Di lokasi itu juga ditemukan struktur bata merah kuno. Lokasinya di bagian timur Situs Watukucur.

Bentuknya membentang dari utara ke selatan sekitar 12 meter. Tebal struktur sekitar 85 sentimeter dengan tinggi sekitar 45 sentimeter. Di sekitarnya, banyak susunan bata merah kuno yang menyerupai lantai. Sedangkan di sebelah barat, terdapat bangunan yang membujur dari timur ke barat sekitar 3,5 meter. Ketebalan struktur sekitar 85 sentimeter dan tinggi sekitar 40 sentimeter.

Hanya saja, bangunan purbakala ini sudah tak utuh lagi. Ia menyebut, keberadaan Situs Watukucur sebenarnya sudah dianggap keramat oleh warga sekitar. ”Tahun 2010 lalu sudah kami tandai. Hari ini baru kita lakukan penelitian lanjutan, memang ada yang rusak karena faktor alam,” jelas Ichwan.

(jo/ang/naz/JPR)

 TOP