alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah
SMPN 3 Peterongan Jombang

Ajang Pembelajaran Karakter Demokratis

11 Oktober 2021, 06: 35: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Tanda tangan mengisi daftar hadir

Tanda tangan mengisi daftar hadir

Share this      

Pemilos SMPN 3 Peterongan membuat siswa belajar banyak. Termasuk belajar manajemen kegiatan dan demokrasi. ’’Pemilos ini sangat efektif untuk pembelajaran karakter,’’ kata Kepala SMPN 3 Peterongan Drs Nurkolis MPdI.

Tahapan Pemilos diawali dengan rapat panitia 23 September. Penyusunan proposal 24 September. Pendaftaran putra 27 September. Pendaftaran putri 28 September. Tes wawancara putra 3 Oktober. Tes wawancara putri 4 Oktober. Kampanye orasi dan dialog, pencoblosan, penghitungan suara putra 9 Oktober. Kampanye orasi dan dialog, pencoblosan, penghitungan suara putri 10 Oktober.

Pelantikan putra 16 Oktober. Pelantikan putri 17 Oktober. Evaluasi kegiatan 18 Oktober. Penyusunan laporan 19-23 Oktober.

Baca juga: Student Journalisme: Tangan Kelet Kemaluan

Memasukkan kartu suara ke kotak suara

Memasukkan kartu suara ke kotak suara

’’Ada 10 karakter yang terbangun,’’ tegasnya. Pertama religius. Perilaku yang diharapkan, siswa datang mencoblos dengan niat semata-mata mengharap kebaikan dan rida Allah SWT.

Kedua, jujur, sesuai prinsip pemilu dan Pemilos. Perilaku yang diharapakan, siswa mampu menyalurkan hak pilihnya sesuai hati nurani, keyakinan dan kejujuran hati.

Ketiga toleransi. Siswa menghargai perbedaan dalam menentukan pilihan. Pilihan boleh berbeda tetapi satu untuk Indonesia, untuk sekolah.

Keempat disiplin. Perilaku siswa memilih dengan tertib menaati ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Kelima demokratis. Tergambar dalam cara berfikir, bersikap dan bertindak yang menilai semua manusia memiliki hak dan kewajiban sama dengan orang lain.

Keenam semangat kebangsaan. Siswa bisa berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

Ketujuh cinta tanah air. Siswa berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap segala kemajemukan yang ada.

Kedelapan bersahabat. Siswa memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul dan bekerjasama dengan orang lain. Siswa yang mendapat suara terbanyak pertama jadi ketua. Terbanyak kedua sekretaris dan terbanyak ketiga bendahara.

Kesembilan cintai damai. Ditandai dengan sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.

Kesepuluh tanggungjawab. Siswa melaksanakan tugas dan kewajibannya,bertanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, alam, sosial dan budaya, negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP