alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget
Jejak Alun-Alun Jombang (3)

Jadi Lokasi Sertijab dan Kegiatan Seremonial

10 Oktober 2021, 17: 50: 34 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Foto 1975: sumber dokumentasi Bagian Humas Pemkab Jombang

Foto 1975: sumber dokumentasi Bagian Humas Pemkab Jombang

Share this      

SEBAGAI salah satu lokasi penting di Jombang, alun-alun  seringkali jadi saksi banyak kejadian penting. Tak terkecuali untuk sejumlah kegiatan seremonial.

Seperti sebuah foto dokumentasi milik Humas Pemkab Jombang di tahun 1970-an. Dalam foto hitam putih itu terlihat sejumlah orang berseragam tengah berbaris memberi hormat di tengah alun-alun. Dalam foto itu, terlihat para polisi dan TNI yang masih tergabung dalam ABRI sedang menghadap ke barat di tengah alun-alun.

“Jadi foto itu adalah kegiatan sertijab untuk pejabat TNI dan Kepolisian yang dilakukan di alun-alun,” terang Aries Yuswantoro penyimpan foto ini. Ia menyampaikan, di tahun-tahun itu alun-alun memang jadi sentral kegiatan seremonial. Selain sebagai lokasi upacara rutin untuk sejumlah agenda kenegaraan, lapangan luas uga jadi lokasi untuk kegiatan lain seperti sertijab.

Baca juga: Dinas P & K Kabupaten Jombang Lakukan Pendampingan Ekskavasi

“Jadi kalau melihat konteks fotonya, di tahun-tahun itu sertijab Kapolres maupun Komandan Kodim biasa dilakukan di alun-alun,” tambahnya. Kondisi seperti itu disebutnya bertahan hingga tahun 1980-an. Setelah tahun itu, sejumlah kegiatan seremonial yang berupa pelantikan maupun sertijab  digelar di masing-masing instansi.

“Namun di atas tahun 1980-an kayaknya memang sudah mulai berubah, sudah mulai di gedung atau kantor masing-masing,” tambahnya. Meski begitu, fungsi alun-alun sebagai lokasi kegiatan seremonial lain tak berubah.

Selain upacara, kegiatan lain semacam apel gelar pasukan untuk sejumlah instansi pemerintahan maupun militer masih dilakukan. “Karena mungkin aksesnya mudah dijangkau serta kondisinya cukup memadai untuk orang banyak,” pungkas ASN Dinas Kominfo Jombang ini.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP