alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Bupati Mundjidah Ikuti Upacara HUT TNI ke-76 Secara Virtual

06 Oktober 2021, 09: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

BERSINERGI: Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Forkopimda mengikuti upacara secara virutal

BERSINERGI: Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Forkopimda mengikuti upacara secara virutal

Share this      

JOMBANG – Tema yang diusung dalam peringatan HUT TNI kali ini menjadi penyemangat tersendiri. Utamanya, semangat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mundjidah Wahab saat mengikuti upacara secara virtual, peringatan HUT TNI ke-76 di Makodim 0814 Jombang, kemarin (5/10). ”Atas nama masyarakat dan Pemkab Jombang kami mengucapkan selamat HUT TNI yang ke 76,’’ ujar dia.

Menurutnya, sinergi TNI dan seluruh kompenen bangsa menjadi kunci utama kekuatan utama dalam menjaga keutuhan NKRI. Pihaknya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 0814 serta tokoh masyarakat yang membantu kelancaran serbuan vaksinasi di Jombang. Peran TNI dalam serbuan vaksinasi di Jombang sangat membantu.

Baca juga: Polisi Ambil Sampel Makanan dan Bumbu Dapur

”Sampai hari ini dosis 1 mencapai 73,37 persen, dosis 2 mencapai 47,15 persen dan dosis 3 mencapai 87,07 persen,’’ papar orang nomor satu di Jombang ini.

Sementara itu, Dandim 0814 Letkol Inf Triyono menyampaikan terimakasih atas support dan dukungan semua pihak dalam menjalankan tugas. ”Insya Allah dengan dukungan ini kami dapat  melaksanakan pengabdian ataupun penugasan dengan baik,’’ ujar dia.

HUT TNI ke-76 memang dilaksanakan serentak seluruh anggota TNI baik di Indonesia maupun yang bertugas di luar negeri. Tema kali ini bersatu, berjuang, kita pasti menang. Kemenangan, sebagai tujuan kejayaan. Menurutnya, kejayaan harus diimbangi dengan landasan semangat perjuangan yang sangat kuat. “Tetap semangat yang tinggi, tidak ada kemenangan kalau tidak didukung dengan semangat bersatu dan sinergitas,’’ tegasnya.

Sementara itu, upacara virtual HUT TNI dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari Istana Negara. Tampak hadir para petinggi TNI. Seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selain Bupati Mundjidah Wahab, tampak hadir Wabup Sumrambah, Kapolres AKBP Agung Setyo Nugroho SIK, Dansatradar 222 Letkol Lek Yudi Amrizal, serta perwakilan Kejari, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Jombang. 

Presiden Jokowi dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun ke-76 kepada jajaran TNI.  Rakyat juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa dan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Serta melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah dari segala ancaman dan gangguan,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan sampai hari ini (baca; kemarin), Indonesia masih dalam bayang-bayang pandemi Covid-19. Bila diibaratkan seperti perang, wabah Covid-19 merupakan perang yang sangat menguras tenaga, pikiran, mental dan semangat juang. Dalam mengatasi situasi pandemi ini tidak terlepas dari peran besar TNI. Selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, satuan dan pemanfaatan teknologi maupun alutsista yang dikerahkan dalam setiap tugas.

"Penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi bagi pertahanan, yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat," tambahnya. Presiden berharap kesigapan TNI juga diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman cyber. “Termasuk juga bencana alam,” pungkas Jokowi.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP