alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Fasilitas Taman Bermain Anak Mulai Digarap

Proyek Revitalisasi Alun-Alun Jombang

06 Oktober 2021, 09: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

RAMAH ANAK: Pekerja tengah menggarap lantai dasar tempat fasilitas taman bermain anak-anak di kawasan Alun-Alun Jombang.

RAMAH ANAK: Pekerja tengah menggarap lantai dasar tempat fasilitas taman bermain anak-anak di kawasan Alun-Alun Jombang.

Share this      

JOMBANG – Proyek revitalisasi Alun-Alun Jombang terus dikebut. Salah  satu pengerjaan yang dikebut  Children Playground (CPG) atau taman bermain anak-anak yang saat ini sudah mulai berjalan pengerjaan lantai dasar. Progres pengerjaan menunjukkan angka positif.

”Dari rencana 12 persen, alhamdulillah progresnya masih bisa plus,” terang Miftahul Ulum Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang melalui Ahmad Rofiq Ashari Kabid Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau, kepada Jawa Pos Radar Jombang, Selasa kemarin (5/10).

Rofiq menambahkan, sesuai konsepnya menghadirkan perwajahan Alun-Alun Jombang ramah anak. Saat ini lanjut Rofiq, salah satu fokus pengerjaan pada pembangunan taman bermain anak-anak. ”Untuk taman bermain, sekarang kita siapkan lantai dasarnya. Insya Allah butuh waktu dua minggu ke depan selesai semua,” imbuhnya.

Baca juga: Warga Minta Pemkab Jombang Tindak Tegas Pabrik

Setelah pengerjaan lantai dasar selesai, dilanjutkan pemasangan sarana bermain. Adapun sejumlah permainan itu mengusung konsep peningkatan kemampuan syaraf motorik dasar anak. ”Kita ngambilnya dari Pro Lansekap Indonesia, dia importir. Karena bahannya dari Malaysia. Itemnya ada dua area, karena temanya sebenarnya tematik. Untuk meningkatkan kemampuan syaraf motorik dasar anak,” lanjut Rofiq.

Sarana permainan itu di antaranya, permainan memanjat, prosotan dan jenis permainan lainnya. ”Target kita akhir Oktober sudah terpasang. Dari pihak pabrikan juga sudah melakukan survey. Ada permainan memanjat, prosotoan dan lainnya. Yang jelas buat anak bergerak, karena tematik,” kata Rofiq.

Selain pengerjaan taman bermain, pengerjaan di titik lainnya juga berjalan.Selain memaksimalkan tenaga kerja, untuk percepatan pengerjaan, jumlah mandor pun ditambah. ”Jadi pengerjaan proses semua. Karena pengerjaan tidak bisa dilakukan satu per satu. Harus dikerjakan semua, sehingga paralel. Sekarang ada lima mandor,” sambung Rofiq.

Seperti diberitakan sebelumnya, usai peletakan batu pertama (Groundbreaking), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang menginstruksikan agar pengerjaan proyek revitalisasi Alun-Alun Jombang dikebut. Pekan pertama fokus pada pengerjaan penentuan elevasi dan titik-titik bagian pengerjaan yang bisa dilakukan pencepatan. ”Setelah groundbreaking tidak ada lagi leha-leha, langsung genjot full,” terang Miftahul Ulum, Kepala DLH Jombang melalui Ahmad Rofiq Ashari, pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek.

Rofiq menmabahkan, sesuai instruksi kepala dinas, pihak kontraktor pelaksana diminta untuk langsung melakukan pengerjaan secara pararel. Selain itu, pihaknya juga terus mendorong agar kontraktor mampu memilih dan menggunakan metodologi pengerjaan yang tepat dan cepat.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP