alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Yayuk Sri Rahayu: Batik Desain Sendiri Lebih Bangga

06 Oktober 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : M. Nasikhuddin

Yayuk Sri Rahayu: Bendahara MTsN 14 Jombang

Yayuk Sri Rahayu: Bendahara MTsN 14 Jombang

Share this      

 FASHION yang disukai Yayuk tak kaleng-kaleng. Nyaris tak ada baju yang sama dengan yang lain. Karena ia lebih suka menggambar motif dan membatik sendiri untuk dipakai sendiri. ”Saya gambar sendiri, saya bawa ke pembatik, mereka lukis baru dijahit, jadi nggak enek seng ngembari,” kata Yayuk.

Hampir semua koleksi baju yang dia bawa ke penjahit, ia desain sendiri. Mulai dari pola jahitan, hingga motif kain. Ada rasa bangga ketika memakainya, apalagi diapresiasi orang lain, dengan pertanyaan sederhana, beli di mana, atau ingin juga motif yang sama. ”Ada satu karya saya yang dipakai untuk seragam, saya gambar sendiri sampai detail-detail warnanya juga,” jelas wanita kelahiran 12 mei 1976.

Setelah desain motif jadi, ia bawa motif itu ke pembatik. Setelah proses batik selesai ia kemudian membawa kain itu ke penjahit. Tentu dengan pola jahitan yang ia buat sendiri.

Baca juga: Binrohtal 1.257: Kisah Cinta Zainab

Sepatu kets menjadi fashion alas kaki paling digemari. Agar ia lebih lincah dan leluasa dalam bergerak. Sedangkan tas yang ia pakai lebih suka yang santai dan cukup besar untuk menampung banyak barang yang wajib ia bawa. ”Saya menyesuaikan saja dengan situasi kondisi. Kalau kondangan ya beda lagi kostumnya. Kalau keseharian saya lebih suka pakai gamis,” ungkapnya.

Tidak hanya memperhatikan fashionnya, Yayuk juga memperhatikan kesehatan tubuhnya dengan rutin olahraga. Setiap hari ia wajib berkeringat. Dulu sebelum pandemi merebak, ia rutin olahraga tenis lapangan di gedung PSBR, lapangan tenis Kebonrojo atau lapangan tenis Indoor. Ia juga tergabung di komunitas ibu-ibu tenis lapangan.

Sejak ada pandemi, tenis lapangan ia tinggalkan sementara. Kini ia rutin badminton di rumahnya. ”Saya ajak keponakan-keponakan untuk main badminton, yang penting setiap hari harus berkeringat,” katanya.

Karena rajin olahraga, tak heran jika Yayuk selalu tampil fresh, dan memiliki kulit yang kencang. Kulit wajahnya tak tampak ada kerutan. Tinggi badannya 160 sentimeter dengan berat badan 66 kilogram. Ia tampak cantik dengan balutan baju yang pas di tubuhnya. Tak kebesaran juga tak kekecilan.

Ia mengaku sudah delapan tahun terakhir tak menjalani perawatan di salon. Ia tak nyaman harus rebahan lama untuk menjalani treatment kecantikan. ”Saya lebih suka pakai skincare saja,” ungkapnya.

Sedangkan untuk polesan makeup, yang wajib dipakai adalah alis berwarna cokelat dan lip cream. Ia juga suka menambahkan eyeshadow dan blushon tipis.

Yayuk juga seorang vokalis. Ia suka bernyanyi lagu-lagu arab. Terakhir ia ikut lomba vokalis antar satker di Kemenag Jombang pada 2019, dan dia keluar sebagai juara satu.

Namun, karena sekarang jarang ada event, ia bernyanyi sendiri di rumahnya, diiringi organ tunggal yang juga ia mainkan sendiri. ”Harus konsentrasi karena bermain musik sambil bernyanyi. Kadang juga karaokean. Saya punya TV yang besar sekali itu memang khusus untuk karaoke, karena saya suka nyanyi,” pungkasnya. 

(jo/wen/naz/JPR)

 TOP