alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

DPRD Jombang Nilai Pembangunan Jalan Raya Jogoroto Tidak Maksimal

05 Oktober 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : M. Nasikhuddin

TAK MEREKAR: Komisi C melihat kualitas pembangunan Jl Raya Jogoroto, kemarin.

TAK MEREKAR: Komisi C melihat kualitas pembangunan Jl Raya Jogoroto, kemarin.

Share this      

JOMBANG – Proyek pembangunan Jalan Raya Jogoroto, tepatnya di Desa Jogoroto hingga Desa Jarak, dinilai wakil rakyat tidak maksimal. Sebab, kualitas pengerjaan jalan hotmix yang menelan anggaran hingga Rp 1,287 miliar itu rendah karena tidak merekat.

”Setelah kami turun di lapangan, memang pembangunan kurang memuaskan,” ujar Samsul Huda anggota Komisi C DPRD Jombang, setelah mengikuti sidak kemarin (4/10). Sidak dilakukannya karena merespon banyak keluhan masyarakat yang menganggap pengerjaan jalan hotmix tidak maksimal.

Dia menyebut, pembangunan jalan hotmix dari jalan raya di Desa Jogoroto hingga ke Desa Jarak itu terlihat kurang merekat. Sehingga saat dilewati kendaraan roda empat, aspal dengan mudah terlepas. ”Kayaknya bahan campuran kurang. Sehingga aspal tidak merekat dengan baik,” bebernya.

Baca juga: Kenang Perjuangan Gus Dur, Dankodiklatal TNI AL Berziarah

Lebih dari itu, kondisi jalan raya menjadi berbahaya bagi pengguna jalan. Sebab, jarak letak jalan hotmix dengan pendamping jalan terlalu tinggi. ”Ini sangat bahaya bagi pengguna roda dua saat melintas,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Lutfi Kurniawan anggota Komisi C  lainnya. Bahkan, jika melihat kualitas jalan hotmix yang dikerjakan, ia bersama anggota yang lain juga sangat kecewa. ”Masak jalan aspal di-cuili tangan bisa lepas,” ungkap dia dengan nada kecewa.

Untuk itu, pihaknya akan memanggil instansi terkait dalam waktu dekat. Selain meminta penjelasan terkait proyek miliaran rupiah itu, pihaknya juga mendesak agar perbaikan jalan harus segera dilakukan agar kualitasnya lebih baik. ”Hari Kamis kita panggil klarifikasi hasil temuan di lapangan,” pungkas Lutfi.

Segera Lakukan Evaluasi

SEMENTARA itu, Bayu Pancoro Adi Plt Kepala Dinas PUPR Jombang, segera melakukan evaluasi terkait temuan sidak Komisi C DPRD Jombang. Pihaknya akan langsung meninjau ke lokasi pembangunan jalan di Kecamatan Jogoroto tersebut.

”Yang jelas untuk pembangunan jalan itu dari sisi perencanaan sudah ada,” katanya. Menurut dia, pembangunan jalan yang menelan anggaran hingga Rp 1,287 miliar itu  sudah disesuaikan dengan kondisi yang ada. ”Peninggian jalan itu sudah sesuai,” katanya lagi.

Saat ditanya kualitas jalan hotmix yang kurang merekat, ia mengaku akan segera datang ke lapangan untuk mengevaluasi. Pihak pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek dan tim teknis dari Binamarga juga akan diajak serta ke lapangan. ”Jadi nanti kita cek lagi seperti apa,” terangnya kemarin.

Dia menyebut, pembangunan jalan itu ditarget selesai akhir bulan ini. Saat ini pekerjaan sudah mencapai 90 persen. Proyek ini menelan anggaran Rp 1,287 miliar yang bersumber dari APBD 2021. Pekerjaan selama 90 hari kalender yang dilaksanakan PT Puncak Jaya dan konsultan pengawas dari CV Surya Sentosa.

(jo/yan/naz/JPR)

 TOP