alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh
Sutikno Sekretaris Dinas Perhubungan Jombang

Lulus SMA Jadi Tenaga Sukarelawan

03 Oktober 2021, 17: 45: 21 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Sutikno Sekretaris Dinas Perhubungan Jombang.

Sutikno Sekretaris Dinas Perhubungan Jombang.

Share this      

SUTIKNO yang menjabat Sekretaris Dinas Perhubungan Jombang, ternyata pernah sebagai tenaga sukarelawan. Dua tahun sebagai tenaga sukarelawan, lalu ia diangkat sebagai staf bantuan kesejahteraan sosial di Kantor Wilayah Departemen Sosial Sulawesi Utara (Sulut).  

Sutikno lahir di Jombang, 24 Mei 1965 dari pasangan Tipah dan Sakrim asal Desa Puton, Kecamatan Diwek. Anak pertama dari dua bersaudara ini mengawali pendidikannya di SDN Pulorejo 1 Ngoro lulus 1980. Kemudian melanjutkan ke SMPN 2 Ngoro lulus 1983 dan SMPP (sekarang; SMAN 2 Jombang) lulus 1986.

Setelah lulus, Sutikno tak langsung kuliah. Ia bergabung sebagai tenaga sukarelawan Kementerian Sosial. Waktu itu, Sutrisno terpanggil hatinya ketika mendengar pengumuman lewat Radio Republik Indonesia (RRI). ”Saya dengar lewat Radio, langsung ada niat bergabung,’’ kenangnya saat ditanya Jawa Pos Radar Jombang, kemarin.

Baca juga: Restorasi VW Kodok Oval

Dari ribuan peserta se-Indonesia yang mendaftar, hanya ada ratusan orang yang lolos. Sutikno salah satunya yang beruntung. Penempatan pertama 1987, ia ditugaskan menjadi tenaga sukarelawan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. ”Di sana saya menangani suku terasing. Kami memberikan pembinaan baik dari sisi sosial maupun ekonomi,’’ tambahnya.

Sutikno hidup di pedalaman selama dua tahun. Sesuai janji Kemensos, setelah menjadi tenaga sukarelawan, ia akan langsung diangkat menjadi PNS. Kemudian 1989 ia ditugaskan di Kantor Wilayah Departemen Sosial Sulut (1989 – 2000). ”Masuk PNS saya ditugaskan sebagai staf bantuan kesejahteraan sosial yang menangani keluarga miskin di Sulut,’’ papar dia.

Selama 13 tahun mengabdi di Sulawesi Utara, Sutikno kemudian menemukan jodoh. Ia mempersunting gadis  Manado 1989. Dari pernikahan itu ia dikaruniai dua putrid, Ika Rahayu dan Dwi Wulandari. ”Kedua anak saya lahir di sana. Namun tahun 2000 kami sekeluarga boyongan ke Jombang,’’ bebernya.

Selama di Sulawesi Utara, Sutikno juga melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Manado Fakultas Sospol lulus 1994. Serta menuntaskan S2 di Universitas Airlangga Surabaya jurusan Kebijakan Publik lulus 2010.

Sutikno masuk di Pemkab Jombang mulai 2000. Sebagai limpahan pegawai Kemensos, ia ditugaskan menjadi staf di Kesbanglinmas (Bakesbangpol) selama lima tahun. Lalu, dimutasi sebagai Kasi Humas Kecamatan Jombang 2005 – 2006. ”Setelah itu Sekcam Mojowarno 2007-2011,’’ tandasnya.

Karir Sutikno sempat moncer saat ia diangkat menjadi Camat Bandarkedungmulyo 2011 lalu. Namun di era Bupati Nyono Suharli Wihandoko tahun 2013, ia dimutasi sebagai Kabid Budaya dan Pariwisata selama enam bulan. ”Kemudian Kabid Tata Ruang di Dinas PU Cipta Karya mulai 2013 – 2017 dan Kabid Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM 2017-2018,’’ terangnya.

Kemudian, 2018 Sutikno dimutasi menjadi Sekretaris Dinas Perhubungan hingga sekarang. ”Masa jabatan saya kurang 1 tahun 8 bulan,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP