alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Pendaftaran Sampai 20 Oktober

Lomba Cipta dan Baca Puisi Virtual

30 September 2021, 09: 05: 59 WIB | editor : M. Nasikhuddin

Pendaftaran Sampai 20 Oktober

Share this      

JOMBANG – Antusiasme siswa mengikuti Lomba Cipta dan Baca Puisi Virtual Pelajar Jombang 2021 yang digelar Jawa Pos Radar Jombang sangat tinggi. Sampai kemarin, jumlah pendaftar terus bertambah. ”Pendaftaran kita buka hingga 20 Oktober,”kata H Sulton Arif, ketua panitia, kemarin.

Semua video peserta akan diunggah di channel YouTube Jawa Pos Radar Jombang. ”Peserta bisa mendaftar dan langsung mengirimkan karya puisinya,” terangnya.

Lomba digelar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. Peserta lomba pelajar SMP/MTs, SMA/SMK/MA sederajat, negeri dan swasta di Jombang. Setiap sekolah hanya bisa mendaftarkan satu peserta putri dan satu putra. Karya puisi harus orisinal dan belum pernah dilombakan sebelumnya.

Baca juga: Berkas Tersangka Sudah di Kejaksaan

Materi puisi tidak menyinggung SARA. Temanya; Peran Generasi Muda dalam Mengisi Kemerdekaan. Video pembacaan puisi oleh peserta, maksimal berdurasi 5 menit. ”Penilaian lomba puisi meliputi dua hal,” terangnya.

Untuk cipta puisi, kesesuaian puisi dengan tema. Keutuhan dan keselarasan. Diksi dan gaya bahasa. Sedangkan untuk baca puisi, penjiwaan, meliputi ekspresi dan gestur. Pemahaman isi puisi. Vokal, meliputi intonasi, artikulasi, kekuatan dan tempo.

Teknis perekaman video, gambar diambil menggunakan satu kamera statis dari arah depan saja. Gambar diambil dengan menggunakan pencahayaan yang cukup, dapat terlihat dan terdengar dengan baik.  ”Video tidak boleh diedit, baik audio maupun gambar,” imbuhnya.

Kategori lomba untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA adalah putra dan putri. Setiap video karya puisi yang dikirimkan, menjadi milik panitia. Hak cipta karya puisi dan video yang dikirimkan tetap milik penulis. Sedangkan hak publikasinya menjadi milik Jawa Pos Radar Jombang. Baik yang nantinya dimuat di koran, online maupun di media sosial. ”Panitia akan menentukan enam karya terbaik yang berhak maju ke babak final, untuk diambil Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2,3 dari masing-masing kategori. Yaitu kategori putra dan putri,” terang Sulton.

Apabila dalam satu kategori jumlah peserta kurang dari tiga karya, maka akan dibatalkan. Karya baca puisi dikirimkan dalam bentuk file video ke WA: 0321875137. Hal-hal yang belum tercantum dalam ketentuan ini, bisa ditentukan kemudian. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. ”Informasi lomba hubungi WA: 0822.4409.9176,” ungkapnya.

(jo/jif/naz/JPR)

 TOP