alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

51 Hektare Tanaman di Kecamatan Bandarkedungmulyo Tergenang

17 September 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

PALING MENGKHAWATIRKAN: Tanaman melon ini sehari tergenang.

PALING MENGKHAWATIRKAN: Tanaman melon ini sehari tergenang.

Share this      

JOMBANG – Tanaman yang tergenang di Kecamatan Bandarkedungmulyo cukup luas mencapai 48 hektare. Meliputi padi, jagung dan buah. Paling mengkawatirkan buah karena tinggal sepuluh hari lagi panen.

Ahmad Fauzi Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Bandarkedungmulyo, menuturkan ada beberapa jenis tanaman tergenang. Menyebar di beberapa desa. Mulai Desa Gondangmanis, Tinggar, Banjarsari dan Desa Bandarkedungmulyo. Dari 51 hektare yang tergenang itu tanaman padi 7 hektare.

”Sementara jagung 26,8 hektare, semangka 4,7 hektare, melon 7,5 hektare, dan cabai besar 7,5 hektare,” imbuh dia. Diakui,  paling luas tanaman jagung yang berpotensi mengalami kematian. Karena jagung sangat rentan ketika tergenang lebih dari satu hari. ”Kalau yang masih kecil masih ada harapan atau peluang tumbuh lagi,” sambung Fauzi. 

Baca juga: Pekerja IGD RSUD Ploso Tak Kenakan Masker dan K3

Dia menyebut, tanaman melon yang paling mengkhawatirkan karena memang tinggal panen. Selain pendataan, pihaknya juga berkoordinasi dengan petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan. ”Untuk masalah banjir atau dampak perubahan iklim, biasanya POPT yang mengeluarkan data. Tapi sudah ada upaya membuka pintu saluran. Petani juga antisipasi sendiri dengan menggunakan mesin diesel,” pungkasnya.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP