alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Pekerja IGD RSUD Ploso Tak Kenakan Masker dan K3

17 September 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Pekerja IGD RSUD Ploso Tak Kenakan Masker dan K3

Share this      

JOMBANG – Para pekerja proyek pembangunan IGD RSUD Ploso, terlihat tidak menggunakan masker dan mengabaikan keselamatan kesehatan kerja (K3) dengan tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) saat bekerja. Padahal, proyek senilai Rp 3,375 miliar ini memiliki anggaran khusus untuk pengadaan K3.

Seperti terpantu koran ini kemarin, sejumlah pekerja nampak sibuk dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Ada pekerja yang merampungkan pembangunan, ada pula yang membersihkan bagian lain.

Ironisnya, mereka tidak mengenakan masker. Bahkan sebagaian pekerja juga tidak mengenakan APD seperti helm pengaman, sepatu maupun rompi. Padahal, pembangunan sangat dekat dengan IGD yang sangat besar berpotensi terpapar Covid-19.

Baca juga: Disdagrin Jombang Beri Bantuan Gas Elpiji

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) RSUD Ploso Heru Purwanto, ketika dikonfirmasi tak mengelak adanya anggaran K3. Hanya saja, dirinya tidak mengetahui nilai anggaran keseluruhan berapa. ”Itu sudah dianggarkan, akan tetapi saya lupa berapa karena tidak melihat catatan. Saya lihat dulu kontraknya seperti apa,” ujarnya.

Dia juga tak menampik, bila tidak semua pekerja mengenakan perlengkapan K3 saat bekerja. Hal ini dikarenakan jumlah ketersediaan K3 tidak sebanding dengan jumlah pekerja sehingga tidak mencukupi. ”Ya tidak semua menggunakan K3, kayaknya hanya 10 set, kalau menggunakan semua anggarannya tidak cukup,” ungkap dia.

Saat ini, jumlah pekerja untuk membangun proyek IGD RSUD Ploso sebanyak 50 orang. Dari jumlah itu hanya 10 orang yang mengenakan APD. Banyaknya pekerja ini sengaja dilakukan agar pembangunan bisa selesai tepat waktu. “Target selesai pekerjaan Desember nanti. Jadi memang dikerjakan 50 orang,” tegasnya.

Untuk diketahui, proyek pembangunan gedung IGD RSUD Ploso dikerjakan CV Kalindo dengan waktu pelaksanaan 150 hari kerja. Nilai kontraknya sebesar Rp 3,375 miliar.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP