alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Disdagrin Jombang Beri Bantuan Gas Elpiji

Untuk IKM Desa Plumbon Gambang

17 September 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

TURUN GUNUNG: Bupati Mundjidah bersama Wabup Sumrambah dan pejabat pemkab mengecek proses produksi manik-manik di Desa Plumbon Gambang kemarin (16/9).

TURUN GUNUNG: Bupati Mundjidah bersama Wabup Sumrambah dan pejabat pemkab mengecek proses produksi manik-manik di Desa Plumbon Gambang kemarin (16/9).

Share this      

JOMBANG – Pemkab Jombang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) menyerahkan bantuan tabung gas elpiji Bright Gas 5,5 kg. Bantuan ini diberikan kepada pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) di Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kamis kemarin (16/9).

Penyerahan bantuan dilakukan langsung Bupati Hj Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah. Didampingi Ilham Hero Koentjoro Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jombang dan Hari Oetomo Kepala Disdagrin Jombang.

Pada kesempatan ini, bupati menyampaikan, bantuan elpiji sebagai upaya pemkab melakukan pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. ”Dampaknya begitu besar bagi para pelaku ekonomi. IKM dan UMKM merupakan sektor yang turut berkontribusi pada pembangunan di Jombang. Khususnya bidang ekonomi,” kata Hj Mundjidah Wahab.

Baca juga: Inovasi Pelayanan Pra Hospital Emergency Ambulance 119 RSUD Jombang

CEK GALERI: Bupati Hj Mundjidah Wahab berjalan di tengah kerajinan manik-manik Plumbon Gambang Gudo yang dipajang Kamis (16/9).

CEK GALERI: Bupati Hj Mundjidah Wahab berjalan di tengah kerajinan manik-manik Plumbon Gambang Gudo yang dipajang Kamis (16/9).

Menurut dia, sinergitas pelaku usaha dengan pemkab bisa terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sebagai penyangga perekonomian di Jombang, sektor IKM dan UMKM ini memiliki peranan besar mengatasi permasalahan mendasar. Seperti pengangguran. “Ketika sektor ini didorong dengan baik, dan diberikan fasilitas maksimal, maka bisa mengatasi pengangguran,” imbuhnya.

Karena itu, Pemkab Jombang turut serta memberi bantuan sebagai bentuk perhatian, dorongan dan motivasi kepada para pelaku IKM sebagai pelaku ekonomi. “Agar IKM bisa kembali bangkit berwirausaha di masa transisi menjalani era new normal, dan tetap menerapkan prokes ketat,” kata orang nomor satu di Jombang ini.

Terpisah, Hari Oetomo Kepala Disdagrin Jombang menyebut, bantuan kali ini berbentuk sarana prasarana IKM. Yakni gas elpiji Brigh Gas 5,5 kg. ”Total ada 86 unit yang diserahkan kepada IKM manik-manik Desa Plumbongambang,” jelasnya kemarin.

Dengan bantuan ini diharapkan berdampak signifikan pada roda perekonomian masyarakat. Khususnya para pelaku IKM di desa setempat. ”Semoga para pelaku usaha bisa memanfaatkan semaksimal mungkin. Dan bisa membantu menjalankan kembali usaha,” imbuh dia.

Di Desa Plumbon Gambang ini terdapat 124 unit perajin manik-manik. Namun karena pandemi Covid-19, kini tinggal 86 perajin yang masih aktif. Total bisa menyerap 1.200 tenaga kerja yang berasal dari warga sekitar. “Seperti kita ketahui, Plumbongambang ini menjadi sentra manik-manik. Skalanya ekspor. Tahun ini berhasil menjadi juara harapan 1 lomba Desa Wisata Kreatif tingkat nasional. Semoga ke depan bisa semakin mapan dan mandiri,” jelas Hari.

Setelah penyerahan bantuan elpiji, Bupati Hj Mundjidah bersama para pejabat melihat proses pembuatan manik-manik. Termasuk melihat hasil kerajinan di Griya Manik.

(jo/fid/jif/JPR)

 TOP