alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Dya Maulidah Guru TPA di Jombang: Warna-Warni Kolase Gelas

17 September 2021, 09: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

KONSENTRASI: Siswa tempat penitipan anak Sahabat Bunda Keboan Ngusikan sedang belajar kolase, kemarin.

KONSENTRASI: Siswa tempat penitipan anak Sahabat Bunda Keboan Ngusikan sedang belajar kolase, kemarin.

Share this      

JOMBANG – Siswa tempat penitipan anak (TPA) sangat senang bisa mengikuti pembelajaran tatap muka. Mereka bisa bermain warna langsung dengan guru dan teman-teman. Terlebih ketika diajak membuat kolase. ’’Kita membuat kolase yang ditempelkan di gambar gelas,’’ kata Dya Maulidah, kepala TPA Sahabat Bunda, Desa Keboan, Kecamatan Ngusikan, kemarin.

Sebelum belajar, guru mempersiapkan bahan ajar. Yaitu lem, gunting, kertas origami dan gambar gelas kosong.

Kertas origami yang berwarna warni lantas dipotong kecil-kecil, dibentuk dadu. ’’Yang menggunting siswa sendiri,’’ ucapnya. Aktifitas menggunting sangat disukai anak.

Baca juga: Binrohtal 1.241: Bahaya Mabuk Asmara

Potongan kertas itu kemudian ditempelkan menggunakan lem kertas.

Dalam satu gambar gelas bisa ditempel berbagai warna. Ada hijau, kuning, merah dan oranye. Penempelannya juga harus rapi, tidak boleh melebihi garis tepi gelas. Dengan telaten, Dya mengajari satu per satu murid yang belum faham. Ia memaklumi, apalagi baru beberapa hari masuk sekolah.

’’Biasanya di rumah belajar bersama orang tua. Hari ini belajar dengan guru, jadi harus dibimbing satu per satu,’’ ungkapnya.

Bermain kolase warna bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya, dapat mengasah kemampuan motorik anak. Terutama saat menempelkan keras origami ke gambar kelas. Siswa juga bisa mengenal banyak warna yang beragam.

’’Menempel kolase bagian dari melatih konsentrasi anak selama belajar,’’ jelasnya. Dengan kegiatan menempel, mereka akan lebih fokus pada pekerjaannya. Mencoba memadu padankan warna sehingga tampak bagus dan rapi.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP