alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah
Ketua LLDIKTI Wilayah 7 Jatim

Hadiri Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Undar Jombang

16 September 2021, 07: 35: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Penyematan mahasiswa baru oleh Rektor Universitas Darul Ulum Dr H Amir maliki Abitolkha,MAg.

Penyematan mahasiswa baru oleh Rektor Universitas Darul Ulum Dr H Amir maliki Abitolkha,MAg.

Share this      

 JOMBANG – Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Universitas Darul Ulum Jombang tahun akademik 2021/2022 berjalan lancar. Kegiatan yang bertempat di Ruang Auditorium KH Mustain Romly Universitas Darul Ulum (14/9) kemarin, mengusung tema Menggapai kesuksesan dengan membangun tradisi akademik.

Kegiatan dibuka Rektor Universitas Darul Ulum Dr H Amir maliki Abitolkha MAg. Dalam sambutanya, ia menjelaskan total 670 mahasiswa yang mengikuti pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB). Rinciannya, 320 mahasiswa mengikuti secara offline dan 350 mahasiswa mengikuti secara online.

”Kegiatan ini wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri,” terangnya. Serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal keberhasilan menempuh pendidikan tinggi.

Baca juga: Susu Kambing Perah Asli dari Peternak, Dikirim Hingga Luar Daerah

Menurut dia, kegiatan tersebut dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan. Dalam rangka menciptakan generasi berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas. ”Bagi Universitas Darul Ulum kegiatan ini dapat memberikan informasi mengenai jati diri Universitas Darul Ulum Jombang sebagai kampus tariqah yang ingin mengajarkan mahasiswa dan alumni menjadi insan yang berotak London berhati Masjidil Haram,’’ tambah Amir.

Pelaksanaan PKKMB merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi. Adapun unsur lain seperti dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa ikut membantu pelaksanaan kegiatan. Tidak dibenarkan menyerahkan kegiatan sepenuhnya kepada peserta didik senior, tanpa ada proses bimbingan dan pendampingan yang memadai. ”Oleh karenanya implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan peraturan internal perguruan tinggi agar terhindar dari pelanggaran tata tertib, norma, etika, dan hukum,’’ terang dia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan H Saiful Bahri SH MH selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan, kegiatan dilaksanakan dua hari dan dimulai pukul 07.00 hingga maksimal pukul 17.00 WIB. ”Dengan menerapkan prokes secara ketat, serta narasumber dari internal Universitas Darul Ulum Jombang maupun dari luar kampus seperti Dandim 0814 dan Kajari Jombang,’’ pungkasnya. 

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP