alexametrics
Minggu, 17 Oct 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Binrohtal 1.240: Tiga Perkara Menyenangkan

16 September 2021, 09: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

KH Khairil Anam Denanyar

KH Khairil Anam Denanyar

Share this      

Saat ngaji di Masjid Assiddiq Kelurahan Kepanjen, Jombang, Minggu (12/9), KH Khairil Anam Denanyar, menjelaskan hal-hal yang menenangkan. ’’Ketika Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam sedang duduk santai bersama para sahabat, Nabi berkata, perkara yang menyenangkan bagiku di dunia ada tiga,’’ tuturnya.

Pertama, wangi-wangian. ’’Bau wangi disukai oleh Nabi, karena itu memakai wangi-wangian hukumnya sunah,’’ jelasnya. Dengan bau wangi, orang-orang yang ada di sekitar merasa enak dan nyaman. Sebaliknya, orang yang baunya tidak sedap mengganggu sekitarnya. ’’Mengganggu orang lain inilah yang dilarang oleh Nabi,’’ terangnya.

Para malaikat juga senang dengan wangi-wangi. Sebaliknya, setan suka dengan aroma busuk.

Baca juga: DPMD Jombang Serahkan Bantuan Keuangan Khusus

Aroma wangi bisa memangkitkan semangat ibadah. Karena itu surga digambarkan penuh wewangian.  Sebagaimana disebutkan dalam QS Waqiah 89. Maka dia memperoleh aroma wangi yakni ketenteraman dan rezeki serta surga yang penuh kenikmatan. Sedangkan neraka digambarkan penuh dengan bau busuk dari nanah bercampur darah.  Sebagaimana disebutkan dalam QS Alhaqqah 36. Dan tiada pula makanan sedikit pun bagi ahli neraka kecuali dari darah dan nanah.

Kedua, wanita salehah. Di tangan wanita salehah, rumah tangga menjadi bahagia. Suami menjadi hebat dan anak-anak menjadi saleh salehah. Sayyidina Umar pernah berkata, dibalik kesuksesan seseorang ada dua sosok wanita yang hebat, yaitu ibu dan isteri.

Inilah sebabnya, Islam sangat menganjurkan menikahi dengan orang beriman. Serta melarang menikah dengan orang musyrik. Sebagaimana ditegaskan dalam QS Albaqarah 221. Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik dengan wanita-wanita mukmin sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya perintah-perintah-Nya kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.

Ketiga, yang menyenangkan Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam yakni salat. Suatu ketika Nabi baru pulang dari melakukan perjalanan. Karena capai, Nabi lantas berkata kepada Bilal; Wahai Bilal, biarkan aku mengistirahatkan badanku dengan salat.

Ketika Nabi salat, benar-benar bisa merasakan nikmat. Sehingga beliau berkata, ketenangan jiwaku berada pada salat. Dengan salat, kita menjadi tenang, tentram dan bahagia.

Inilah sebabnya, kita diperintah agar menjadikan salat sebagai penolong. Sebagaimana ditegaskan dalam QS Albaqarah 45. Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

Serta QS Albaqarah 153. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wa sallam bersabda; Orang yang istiqamah salat berjamaah akan diberi lima hal. Tak akan kekurangan rezeki. Bebas siksa kubur. Menerima catatan amal tangan kanan. Melewati jembatan sirot secepat kilat. Serta masuk surga tanpa hisab.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP