alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Siti Maria Ulfa Guru KB di Jombang: Mengenalkan Huruf Hijaiyah

15 September 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

LUCU: Umi Nur Laili, siswa KB Mutiara Hati menunjukkan karya mewarna dan menebali huruf, kemarin.

LUCU: Umi Nur Laili, siswa KB Mutiara Hati menunjukkan karya mewarna dan menebali huruf, kemarin.

Share this      

JOMBANG – Belajar mengenali huruf hijaiah bisa menggunakan cara yang seru. Salah satunya dengan mewarnai sekaligus mengenal bentuk huruf hijaiyah. Seperti yang dilakukan KB Mutiara Hati Rejoagung Kecamatan Ploso.

’’Kita belajar menebali dan mewarnai huruf hijaiyah,’’ kata Siti Maria Ulfa, guru KB Mutiara Hati Rejoagung, kemarin.

Huruf hijaiyah ada di buku ajar siswa. Terdapat satu contoh huruf besar dan banyak huruf titik-titik yang harus ditebali sehingga membentuk huruf hijaiyah.

Baca juga: MAN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Madrasah Kaya Juara

Huruf yang besar bisa ditambahkan warna. Maria tak menentukan warna apa yang bisa dipakai. Ada yang menebali denga  warna biru, kuning, juga oranye.

Manfaat belajar menebali dan mewarnai sangat banyak. Utamanya mengenal huruf hijaiyah. ”Kebetulan tugas kita kemarin pada huruf bak,” jelasnya.

Siswa juga bisa belajar mengucap huruf bak, bisa juga dengan nyanyian huruf hijaiyah.

Manfaat lainnya, terampil dalam menebali titik-titik yang membentuk huruf bak. Dapat berimajinasi dengan memilih warna yang disukai, melatih konsentrasi anak dalam mengerjakan tugas, juga menumbuhkan rasa bangga pada hasil karya sendiri.

Di samping huruf bak juga ada gambar baju, untuk mencontohkan pelafalan huruf hijaiyah pada suatu benda. ”Gambar baju itu juga bisa diwarnai, boleh mewarna pakai warna apa saja,’’ ungkapnya. Agar siswa berimajinasi, orang tua hanya mengarahkan dan tidak menentukan.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP