alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Hera Eliza Uswatun Hasanah: Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang

15 September 2021, 08: 00: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Hera Eliza Uswatun Hasanah, Waka Kurikulum MIN 3 Jombang

Hera Eliza Uswatun Hasanah, Waka Kurikulum MIN 3 Jombang

Share this      

HERA tercatat salah satu guru berprestasi tingkat kabupaten. Selama dua tahun berturut-turut (2018-2019) juara 1 guru berprestasi. Ia cukup totalitas dalam mengajar, menyalurkan ilmu, serta berinovasi agar siswa mendapatkan nilai lebih dari sekadar belajar duduk di kelas.   

”Sebenarnya mau dinaikkan ke tingkat provinsi, tapi karena pandemi  dibatalkan,” ucap ibu dua anak ini. Salah satu inovasi yang mengantarkannya adalah kantin sehat. Kantin sehat dinilai membawa manfaat lebih pada penilaian siswa. Jika jajanan yang ada di lingkungan madrasah sehat, beragam dan bergizi seimbang, maka prestasi yang didapatkan siswa juga meningkat.

Hal ini juga yang diterapkan di MIN 3 Jombang. Kantin menjual jenis makanan berbeda, ada makanan berat, camilan dan minuman. Masing-masing diproduksi dengan cara higienis dan aman untuk anak-anak. ”Yang produksi ibu kantin sendiri, ada paguyuban yang mengawasi, jadi betul-betul sehat, menunya juga beragam, hari ini pecel, besok apa gitu, tanpa ciki-cikian,” ungkapnya.

Baca juga: Transaksi Pil Koplo Via COD, Buruh Pabrik di Jombang Diciduk

Inovasi lainnya, pembelajaran berbasis kewirausahaan. Siswa diminta untuk membuat suatu produk, bisa makanan atau yang lain, dan kemudian dipasarkan sendiri. ”Karena sekarang kan yang diutamakan produknya,” jelas warga Sengon ini.

Ia juga selalu meng-upgrade ilmunya melalui pelatihan, webinar dan sharing sesama teman. Setiap tahun ada penilaian kinerja guru, dari situ yang menilai teman sesama guru, penilaian wali murid dan siswa, perangkat pembelajaran, dan penilaian mikro teaching. “Setelah itu hasil pembelajaran dievaluasi dan ditindaklanjuti, nah salah satu tindak lanjutnya melalui pelatihan dan dapat ilmu baru,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP