alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

DPRD Jombang Kaji Pengajuan Anggaran Seragam Gratis Dobel

14 September 2021, 09: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

DPRD Jombang Kaji Pengajuan Anggaran Seragam Gratis Dobel

Share this      

JOMBANG – Progam unggulan Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah, kain seragam gratis kembali masuk dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022. Hal ini diketahui saat komisioning antara Komisi D DPRD Jombang dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K).

Erna Kuswati Ketua Komisi D DPRD Jombang membenarkan, pada saat komisioning dibahas terkait dengan program kain seragam gratis. ”Kan untuk tahun ini anggarannya digeser sehingga tidak ada. Waktu komisioning dibahas terkait realisasinya,” ujarnya saat dikonfirmasi, kemarin.

Ia menyebutkan, untuk program kain seragam gratis tahun depan rencananya kembali dianggarkan. Bahkan, untuk kain seragam yang tahun ini batal, juga akan diadakan. ”Dari keterangan kepala dinas pendidikan untuk kain seragam yang tahun ini batal akan dibagikan pada awal tahun depan,” ungkapnya.

Baca juga: SKD CPNS dan PPPK Non Guru di Jombang Direncanakan Oktober

Sedangkan, lanjut Erna untuk bantuan kain seragam siswa baru 2022/2023 akan diberikan pada saat setelah penerimaan siswa baru. ”Gambaran dari dinas pendidikan untuk anggaran rencananya Rp 10,4 miliar. Kan kemarin anggaran untuk kain seragam gratis Rp 8,4 miliar, dinas minta tambahan Rp 2 miliar untuk kain seragam pengganti tahun ini dan tahun depan,” katanya.

Hanya saja, untuk anggaran tersebut masih belum bisa dipastikan. Karena masih belum dibahas timgar (tim anggaran) maupun banggar (badan anggaran). ”Tetap nanti keputusan pada timgar maupun banggar,” terang Erna.

Ia mengungkapkan, dengan penambahan hanya Rp 2 miliar, menurutnya memang sangat hemat. Hanya saja, apabila itu terealisasi dirinya meminta agar kualitas tetap bagus meski dengan harga yang murah. ”Tetap kualitas kalau bisa harus sama dengan yang kemarin-kemarin,” pungkasnya.

Sementara dikonfirmasi terpisah Plt Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jombang, Danang Praptoko menjelaskan memang untuk tahun depan program bantuan kain seragam gratis kembali dianggarkan. ”Untuk besarannya kami juga masih dalam tahap pembahasan. Nanti teknisnya bisa ditanyakan ke dinas pendidikan langsung,” terangnya.

Saat dikonfirmasi Agus Purnomo Kepala Dinas P dan K Jombang mengatakan, untuk seragam kain seragam gratis memang kembali dianggarkan. Baik yang tahun ini dan tahun depan.

Saat ditanya besaran anggaran untuk kain seragam, Agus belum bisa memberikan keterangan pasti, ”Ya tahun depan dianggarkan kain seragam gratis,” pungkasnya singkat.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP