alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

KDAW Molor, Komisi A Hearing dengan DPMPD Jombang

14 September 2021, 09: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

SERIUS: Komisi A DPRD Jombang mendengarkan penjelasan pengisian KDAW.

SERIUS: Komisi A DPRD Jombang mendengarkan penjelasan pengisian KDAW.

Share this      

JOMBANG – Komisi A DPRD Jombang mengadakan rapat dengar pendapat dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Jombang. Hearing ini secara khusus membahas pelaksanaan pemilihan kepala desa antar waktu (KDAW) yang molor dan terkesan jalan di tempat.

“Kan sudah lama kosong (kades, Red), namun sampai sekarang belum pemilihan. Itu yang kami prioritaskan,” papar Ketua Komisi A Andik Basuki Rahmat. Desakan Komisi A bukan tanpa dasar. Selain memiliki keterbatasan waktu jabatan, tugas Pj sebatas mengantarkan pemilihan kades dengan membentuk pelaksanaan KDAW. “Salah satu tugasnya melakukan pembentukan panitia,” tegasnya.

Dari rapat itu diketahui jika penyebab molornya pemilihan KDAW lantaran terjadi tarik ulur Perbup. Banyak ketakutan maupun kekhawatiran untuk melaksanakan pengisian KDAW. Padahal, Perbup terkait KDAW sudah rampung. Maka sudah seharusnya pemkab secepatnya melakukan tindak lanjut pengisian.

Baca juga: Hujan Lebat, Tembakau di Wilayah Utara Brantas Jombang Terendam Banjir

“DPMD menegaskan jika pekan depan segera mengundang camat untuk sosialisasi perbup terkait KDAW,” ungkapnya. Seiring dengan selesainya Perbup yang dijadikan pijakan KDAW, ia memastikan dalam waktu dekat bakal melakukan pembahasan petunjuk teknis (Juknis). “Dengan harapan, pelaksanaan di lapangan tidak bingung karena petunjuk jelas,” pungkas Andik.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP