alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Cari Ikan, Seorang Pria Muda di Jombang Tenggelam Lalu Hanyut

Ditemukan Lima Meter dari Tempat Kejadian

14 September 2021, 07: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

MASIH DICARI: Tim gabungan Basarnas dan BPBD Jombang mencari korban tenggelam di Kali Brantas kemarin.

MASIH DICARI: Tim gabungan Basarnas dan BPBD Jombang mencari korban tenggelam di Kali Brantas kemarin.

Share this      

JOMBANG – Kali Brantas kembali menelan korban. Seorang pria muda tenggelam saat mencari ikan, di sungai wilayah Dusun Tanggungan, Desa Tanggungkramat, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, pagi kemarin (13/9).

Sejak pukul 09.00 tim gabungan dari BPBD Jombang dan Basarnas Surabaya turun ke sungai mencari korban. Ada tiga perahu karet yang diturunkan untuk menyisir sungai. Hingga kemarin, pencarian belum membuahkan hasil.

Informasi yang dihimpun, korban berjenis kelamin laki-laki datang mencari ikan di kali Brantas desa selepas subuh. ”Korban dengan sendirinya mencari makan untuk kura-kuranya. Tiba-tiba dia (korban, red) menginjak tempat yang kedalamannya tidak terukur. Sehingga terpeleset dan masuk ke lubang (sungai) yang dalam itu,’’ ujar Kades Tanggungkramat Widha Dwi Priyanto, di lokasi.

Baca juga: Sekdakab Jombang Apresiasi Inovasi Dispendukcapil

Ia menjelaskan, korban hanya meninggalkan sepeda motor dengan nopol S 6827 0BL yang kini dibawa ke Polsek Ploso. ”Saat dicek polisi, motor atas nama milik warga Desa Jatigedong itu  ternyata sudah berungkali dijual pemilik,’’ tambahnya.

Saat mencari ikan di kali Brantas itu, lanjutnya, korban sempat diteriaki Samsuri, 45 dan Hendy, 27 warga setempat yang berada di lokasi kejadian. ”Jadi warga itu sempat meneriaki agar segera kembali, namun korban tidak merespons sama sekali,’’ jelas dia.

Besar kemungkinan, korban bukan warga asli Tanggungkramat karena tak ada yang mengenali saat turun ke sungai mencari ikan. "Kalau warga sini kemungkinan besar hafal dengan lokasi. Korban mungkin orang luar, apalagi meninggalkan sepeda motor di tanggul sungai," tandasnya.

Usai menerima informasi, tim gabungan dari BPBD dan Basarnas Surabaya turun ke lokasi. Kejadian diperkirakan pukul 05.00 WIB. “Setelah itu kami melakukan aktivasi posko dan menyiapkan dua tim dari BPBD Jombang serta satu tim dari Basarnas Surabaya untuk melakukan penyisiran," ujar Agus Irmawan Penanggungjawab Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBD Jombang, saat di lokasi.

Dijelaskan, penyisiran dengan tiga perahu karet di lokasi kejadian dimulai sejak pagi. Pencarian juga diperluas hingga radius 2 Km ke arah jembatan Ploso. "Kesulitan yang kami hadapi arus air begitu deras dan kondisi sungai sangat keruh, banyak material sampah yang terbawa air," tegasnya.

Setelah dilakukan pencarian enam jam lebih, akhirnya jenazah korban ditemukan. Dari hasil evakuasi, korban diketahui bernama Fredi Aprilianto, 26, warga Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso.

Pepy Stevie Maria Kordinator Opersional BPBD membenarkan hal ini. Korban ditemukan sekitar pukul 17.05, lima meter dari tempat kejadian. Saat peristiwa itu terjadi, korban seorang diri. ”Korban sudah dievakuasi ke RSUD Ploso dan sudah dilakukan perawatan jenazah. Sekarang dibawa perjalanan kerumah duka,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP