alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Binrohtal 1.238: Islam Tidak Memberatkan

14 September 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Binrohtal 1.238: Islam Tidak Memberatkan

Share this      

Saat khutbah di Masjid Satlantas Polres Jombang, Jumat (10/9), Ustad Hasanudin Sambong menjelaskan ajaran Islam sangat manusiawi. ’’Perintah Allah sesuai dengan kadar kemampuan manusia dan tidak memberatkan,’’ tuturnya.

Sebagaimana ditegaskan dalam QS Albaqarah 185. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. 

Juga QS Albaqarah 286. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Serta QS Almukminun 62. Kami tiada membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya, dan pada sisi Kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran, dan mereka tidak dianiaya.

Baca juga: Dewan Pendidikan Jombang Terus Dalami Dugaan Sekolah Jual Seragam

Allah memerintahkan dalam QS Ali Imron 102. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya. Ketika ayat ini turun, para sahabat lantas bertanya kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam. Wahai Nabi, siapakah yang mampu bertakwa dengan sebenar-benarnya takwa? Allah lantas menurunkan QS Attagabun 16. Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu.

’’Syariat Islam bisa dilaksanakan sesuai kemampuan,’’ terang Ustad Hasan. Tidak mampu salat dengan berdiri, bisa dengan duduk. Tak mampu duduk, bisa dengan berbaring.

Ketika dalam perjalanan, kita boleh menjama dan mengqosor salat. Juga boleh membatalkan puasa. Puasanya boleh diganti di hari lain. Jika sudah tua atau sakit yang tidak mungkin sembuh, puasa boleh diganti fidyah. Satu hari puasa diganti dengan memberi beras tujuh ons.

Suatu hari, Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wa sallam kedatangan anak muda yang hendak masuk Islam. Dia ingin masuk Islam. Namun belum bisa meninggalkan kemaksiatan seperti zina, judi dan minum khomer.

Nabi lantas membimbing si pemuda masuk Islam. Kepadanya, Nabi berpesan satu hal; harus jujur. Si pemuda pun menyanggupi, karena menganggapnya gampang. Sejak itu, setiap hendak maksiat, dia selalu ingat harus jujur. Sehingga akhirnya batal maksiat.

Abu Hurairah RA menceritakan, suatu hari Rasulullah Muhammad SAW berkhutbah; Wahai manusia, telah diwajibkan kepada kalian ibadah haji maka berhajilah kalian. Lalu, seorang sahabat bertanya; Ya Rasulullah, apakah haji ini dilakukan setiap tahun? Rasulullah pun terdiam. Lalu, orang tersebut mengulangi pertanyaannya hingga tiga kali. Setelah itu, Rasul menjawab; Andaikan aku jawab 'ya' maka tentu aku akan mewajibkannya, sementara kalian tidak mampu melaksanakannya. Biarkanlah sesuatu yang aku diamkan karena sesungguhnya kehancuran umat sebelum kalian adalah banyaknya pertanyaan dan perselisihan terhadap para nabi mereka. Oleh karena itu, jika aku perintahkan kepada kalian untuk mengerjakan sesuatu maka tunaikanlah; dan jika kau melarang sesuatu maka tinggalkanlah.

Ada tiga poin penting yang dapat kita ambil dari hadis ini. Pertama, tentang sesuatu yang dilarang Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda; Apa yang aku larang untuk kalian maka tinggalkanlah. Baik larangan yang bersifat haram dan larangan yang bersifat makruh.

Yang haram tidak boleh dilakukan oleh siapa pun. Yang melakukannya terkena sanksi berupa dosa. Sementara makruh adalah larangan yang ditujukan untuk membersihkan diri dari perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji.

Kedua, tentang sesuatu yang diperintahkan. Rasulullah SAW bersabda; Apa yang aku perintahkan kepada kalian maka laksanakan sesuai dengan kemampuan kalian. Ada perbedaan mencolok antara menjauhi larangan dan melaksanakan perintah. Kita harus berjuang semaksimal mungkin untuk menjauhi larangan dan dituntut melaksanakan perintah sesuai kemampuan.

Ketiga, larangan untuk tidak banyak bertanya dalam hal yang prinsip dan berbantah-bantahan. Rasulullah SAW menyatakan; Tinggalkanlah perbantahan karena perbantahan tidak dapat dipahami hikmahnya dan tidak dapat dijamin keamanan fitrahnya.

(jo/jif/jif/JPR)

 TOP