alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Kadis P dan K Jombang Larang Sekolah Jual Seragam

13 September 2021, 09: 50: 59 WIB | editor : M. Nasikhuddin

Agus Purnomo Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Jombang

Agus Purnomo Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Jombang

Share this      

JOMBANG - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jombang Agus Purnomo menegaskan, sesuai PP 74/2014, pengadaan pakaian seragam sekolah diusahakan sendiri oleh orang tua atau wali peserta didik.

”Ya memang sesuai ketentuan PP tidak boleh kalau sekolah sampai terlibat dalam pengadaan seragam (jual seragam, Red),” terang Agus Purnomo, kemarin.

Sejauh ini pihaknya baru mengecek ke SDN Plosogeneng 2 Jombang yang diduga telah menjual seragam batik dan olahraga ke siswa. ”Untuk seragam batik dan olahraga sekolah hanya memfasilitasi dan sudah sesuai kesepakatan orang tua. Totalnya kalau tidak salah Rp 290 ribu yakni, baju olahraga dan batik beserta atribut lengkap. Mereka juga bisa mencicil semampunya,” tambahnya.

Baca juga: Wujudkan Alun-Alun Jombang Ramah Anak

Disiingung terkait seragam merah putih dan pramuka ke siswa, dari penyampaian pihak sekolah seragam diberikan gratis ke siswa.”Setelah kami cek, justru untuk seragam nasional dan pramuka itu diberikan oleh gurunya. Mereka juga memberikan tas untuk siswanya, kebetulan jumlahnya sedikit sekitar 13 siswa baru,” tambahnya.

Disinggung adanya informasi di beberapa sekolah yang menjual seragam untuk siswa baru, Agus menegaskan akan segera turun cek lapangan. ”Akan segera kita cek kepastiannya. Disuruh beli seragam nasional – pramuka atau batik - olarhaga. Namun kalau sekolah sebatas memfasilitasi artinya tidak punya niatan untuk mendapat untung pribadi ini masih bisa kita toleransi,” pungkasnya.

(jo/ang/naz/JPR)

 TOP