alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Pelaku Perampokan Minimarket di Jombang Beraksi di Dua Provinsi

12 September 2021, 17: 06: 30 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Pelaku Perampokan Minimarket di Jombang Beraksi di Dua Provinsi

Share this      

JOMBANG - Fakta baru terungkap dari pelaku perampokan minimarket asal Pasuruan. Selain mendapatkan senjata dari pasar gelap, pelaku telah menggunakan senjata itu dua kali perampokan di dua provinsi.

“Dari pengakuan yang jadi otak pelaku perampokan tersangka Wanto, sekaligus pemilik senjata,” terang AKP Teguh Setiawan Kasatreskrim Polres Jombang. Pelaku sudah beraksi di empat kota berbeda di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mulai di Kabupaten Karanganyar dan Sragen Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi dan Jombang Jawa Timur.

“Yang Karanganyar tahun kemarin, tiga sisanya dilakukan sepanjang tahun ini,” lanjutnya. Selama beraksi di empat lokasi itu, Wanto selalu menyasar minimarket yang buka 24 jam. Serangan dilakukan malam hari dengan membawa senjata. Termasuk menyakiti korban ketika melawan.

Baca juga: Jembatan Ploso Kabupaten Jombang Tetap Macet

“Di Karanganyar dan Sragen mereka menggunakan parang, baru menggunakan senjata airgun ketika merampok di Ngawi dan Jombang,” imbuh Teguh. Senjata berpeluru gotri itu didapat belum lama setelah membeli secara online. “Harganya Rp 2 juta, kita masih melacak siapa penjualnya,” tambahnya.

Saat beraksi, Wanto juga sudah sempat beberapa kali berganti personel. Seperti tersangka Syamsul Anas baru ikut dalam tiga aksi terakhir. Tersangka Novi Siswo Prakoso baru ikut dalam dua kali aksi. “Yang driver malah baru pertama ikut, dan tidak tahu kalau diajak merampok. Jadi otaknya satu orang, lainnya beberapa kali berganti,” pungkas dia.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP