alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Purwanti Guru MI Sulaimaniyah Kauman Mojoagung: Membaca dan Berkebun

08 September 2021, 08: 25: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Purwanti Waka Kurikulum MI Sulaimaniyah Kauman Mojoagung

Purwanti Waka Kurikulum MI Sulaimaniyah Kauman Mojoagung

Share this      

SAAT memiliki waktu senggang, Purwati lebih banyak digunakan untuk membaca dan berkebun. Setelah mengajar, ia menghabiskan waktunya untuk merawat tanaman hias di rumah.

”Saya suka mengkoleksi tanaman hias, biasanya kesibukan saya di luar sekolah merawat tanaman,” ucap istri Muryono ini. Berkebun dapat membuatnya lebih fresh. Melihat dedaunan yang hijau, indahnya bunga di taman, menjadi salah satu penghibur di kala lelah usai mengajar.

Purwanti juga suka membaca. Baginya, banyak ilmu di luar pendidikan yang ia dapatkan dari membaca buku. Semua buku  penting dibaca karena memuat banyak ilmu. Selain ilmu baru, juga mematangkan ilmu yang sebelumnya sudah ia pelajari di bangku kuliah.

Baca juga: HM Syarif Hidayatullah ST MMT: Didoakan Ikan

Lebih dari itu, membaca juga bermanfaat bagi dirinya yang berprofesi sebagai guru. Semakin banyak hal yang ia ketahui, maka semakin banyak pula manfaat yang diberikan kepada siswa. ”Membaca juga jadi bekal untuk mengajar,” ungkapnya.

Sebagai wanita, ia memiliki pemahaman sendiri tentang persepsi wanita cantik. Menurutnya, cantik itu bukan yang tampak di depan mata, tapi justru cantik yang terpancar dari dalam hati. Jika wanita memiliki hati yang bersih, tulus maka kecantikan itu akan terlihat sempurna.

Akhlak yang baik merupakan bagian dari kecantikan wanita. Perilaku yang sopan dan santun mencerminkan wanita yang cantik. ”Akhlak baik itu adalah cantik yang sesungguhnya,” kata dia. Namun, ia juga menjaga amanah yang Allah berikan dengan menjaga kesehatan tubuhnya melalui olahraga rutin.

Meski usianya sudah memasuki angka 55 tahun, ia tetap rajin melakukan senam setiap Sabtu-Selasa. ”Agar semakin tua semakin sehat dan bugar,” katanya lagi. Tak heran, Purwanti tergolong guru senior energik, bisa melakoni banyak aktivitas. Sekolah sudah seperti rumah kedua baginya.

Ia juga mengimbangi gaya hidup sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur. Untuk penampilan wajah, ia tak neko-neko. Ia seringkali tampil polos tanpa riasan. Hanya lipstik tipis agar tak tampak pucat. ”Kalau perawatan wajah tidak penah ke salon, hanya perawatan alami, sering cuci muka,” ujar dia.

Sedangkan penampilannya saat mengajar, cukup menggunakan bawahan rok warna gelap, atasan menyesuaikan seragam yang diberlakukan. Di luar itu, biasanya ia mengenakan batik. Untuk  aktivitas di luar mengajar, ia lebih suka mengenakan gamis. ”Sangat nyaman pakai gamis karena tidak ribet dan pantes digunakan kemana-mana,” pungkasnya.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP