alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

ODGJ yang Serang Kades di Jombang Dibawa ke RSJ Lawang

03 September 2021, 09: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

ODGJ yang Serang Kades di Jombang Dibawa ke RSJ Lawang

Share this      

JOMBANG – Jamis Teguh, 50, ODGJ yang sempat menyerang Kepala Desa Catakgayam, Kecamatan Mojowarno, Selasa (31/8) selamat dari jeratan hukum. Agar tak membahayakan warga, petugas membawanya ke RSJ Lawang di Kabupaten Malang.

”Hari ini (kemarin, Red) kita dari tiga pilar sepakat untuk mengevakuasi yang bersangkutan dari rumahnya,” terang AKP Yogas, Kapolsek Mojowarno.

Proses evakuasi Jamis, dilakukan sekitar pukul 14.00 (2/9). Petugas gabungan dari kepolian, dinas sosial, Dinas Kesehatan Jombang langsung mendatangi rumah Jamis di Dusun Catakgayam Selatan. Selanjutnya dia antar dengan mobil ambulans Puskesmas Mojowarno ke salah satu RSJ di Kabupaten Malang.

Baca juga: Pemkab Jombang Siapkan Gedung Tenis Indoor

Yogas menyebut, ada dua faktor yang jadi pertimbangan petugas mengevakuasi Jamis ke RSJ. Pertama, yakni karena ia terbukti belum sembuh benar dari gangguan kejiwaannya. Hal ini, dibuktikan dengan data dari Puskesmas Mojowarno yang masih mencatat Jamis sebagai pasien ODGJ dan dalam pemantauan.

Kedua adalah faktor keamanan. ”Kami tidak mau kejadian penyerangan kades itu terulang kepada siapapun lagi, karena Jamis ini masih berpeluang untuk terus mengamuk juga, dan upaya hukum kan tidak bisa dilakukan,” lanjutnya.

Proses penjemputan dilakukan sejumlah petugas kesehatan dibantu aparat kepolisian. ”Alhamdulillah bisa dibujuk dia, kita memang sempat minta bantuan juga dari personel Sabhara Polres Jombang tadi, tapi untungnya tidak perlu pakai kekerasan yang bersangkutan mau dipindahkan,” lanjutnya.

Jamis, kini telah dikirim ke RSJ Lawang, Kabupaten Malang untuk menjalani perawatan lebih lanjut. ”Untuk sampai kapan di sananya, kami belum mendapat informasi lebih lanjut, yang jelas sore ini yang bersangkutan sudah sampai di RSJ,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jamis Teguh, 50, seorang ODGJ menyerang Sugeng Samsuri, Kades Catakgayam. Hal itu dilakukan Jamis di aula Balai Desa Catakgayam, saat Sugeng bersama sejumlah perangkat tengah latihan kor.

Jamis yang datang dengan keadaan emosi.Dia menagih perihal hadiah lomba. Karena tak mendapat yang dia mau, Jamis kemudian menyerang kades dengan sejumlah pukulan dan tendangan. Beruntung tindakan itu segera dilerai perangkat desa lainnya.  Beruntung Sugeng, tak menderita luka serius.

(jo/riz/jif/JPR)

 TOP