alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Hari Ini Kejurkab dan Porkab Karate di Jombang

03 September 2021, 09: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Hari Ini Kejurkab dan Porkab Karate di Jombang

Share this      

JOMBANG – Pekan olahraga kabupatan (Porkab) dan kejuaraan kabupaten (Kejurkab) karate dimulai hari ini (3/9) hingga Minggu (5/9). Lebih dari 100 karateka akan bertanding. ’’Semua kelas kumite dan kata kita lombakan, dengan protokol kesehatan (prokes) ketat,” kata Kwat Prayitno, ketua harian induk cabang olahraga karate (Forki) Jombang, kemarin.

Pendaftaran baru ditutup H-1 sebelum kejuaraan berlangsung. Semua karateka yang ikut berasal dari Jombang. ’’Semua dari Jombang, nanti untuk yang luar Jombang ada agenda kejuaraan nasional terbuka,” ungkapnya.

Porkab mempertandingkan kata putra perorangan dan beregu. Serta kumite kelas -55 kilogram, -60 kilogram, -67 kilogram, -75 kilogram, -84 kilogram dan +84 kilogram.

Baca juga: Binrohtal 1.229: Empat Macam Manusia

Sedangkan untuk kelas putri mempertandingkan kata perorangan dan beregu. Kumite putri mempertandingkan -50 kilogram, -56 kilogram, -61 kilogram, 68 kilogram, dan +68 kilogram.

Sedangkan untuk kejurkab dibagi menjadi beberapa kelas. Mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Masing-masing juga ada pertandingan eksebisi. ’’Eksebisi hanya khusus untuk sabuk putih, kuning, dan hijau serta jangka waktu ijazah sampai pertandingan tidak boleh lebih dari satu tahun,’’ jelasnya.

Kata perorangan dan beregu pada pertandingan eksebisi menggunakan kata heinan atau kata dasar. Sedangkan kata perorangan dan beregu non eksebisi menggunakan gatra kata. Untuk babak final kata beregu non eksebisi wajib menggunakan bunkai kata.

’’Nama kontingen bebas, bisa menggunakan nama sekolah, instansi, cabang, ranting, dan  klub,’’ bebernya.

Ada 15 wasit juri yang akan ditugaskan dalam Porkab dan Kejurkab. ’’Wasit juri yang akan kita turunkan minimal mengantongi lisensi juri B Inkanas Jatim,’’ kata koordinator wasit juri, Tri Suhadi.

Wasit juri yang akan ditugaskan yakni Adhe Rengga Drestian, Tri Suhadi, Nurhayati, Soewignyo, Aditya Harja, Sunoko dan Benny Gunawan. Serta Ganang Veby, Gilang M, Udin dan Gebry. Juga Alfan Rizky, Rizky Kanasawa, Reno Dwiki dan Mario Gunawan.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP