alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Toto Raharjo, Penggerak Senkom Jombang

29 Agustus 2021, 17: 36: 40 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Oleh :  Ustad TOTO RAHARJO, S.Pd Humas Ponpes Gadingmangu

Oleh : Ustad TOTO RAHARJO, S.Pd Humas Ponpes Gadingmangu

Share this      

BAGI kalangan santri Pondok Pesantren Gadingmangu Perak, nama Toto Raharjo tentu tak asing. Selain menjadi humas pondok, pria 54 tahun ini salah satu penggerak berdirinya organisasi Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Jombang. Ia  didapuk menjadi Wakil Sekjen PP Senkom sejak 2012 sampai sekarang.

Toto sendiri putra daerah yang lahir dari keluarga sederhana di Desa Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, 4 Januari 1967 silam. Anak ketiga dari enam bersaudara pasangan Sugiati dan Kiswar ini sejak kecil menghabiskan waktu bersama saudara-saudaranya di Desa Mojoduwur.

Toto mengawali pendidikan di SDN Mojoduwur lulus 1979. Kemudian melanjutkan SMP Pancasila lulus 1982 dan SMEA Negeri Mojoagung (SMKN Mojoagung, Red) lulus 1984. Setelah itu ia melanjutkan kuliah ke STKIP PGRI Jombang jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Namun sayang, karena keterbatasan dana, ia putus kuliah pada saat semester lima. ”Akhirnya saya merantau ke Makasar untuk bekerja. Alhamdulillah, setelah dapat penghasilan saya meneruskan kuliah di Universitas Muhammadiyah Makasar lulus 1996,’’ papar dia.

Baca juga: Tim BPCB Jatim Temukan Pangkal Saluran Air ke Petirtaan Sumberbeji

Toto juga pernah menekuni dunia jurnalistik sejak duduk di bangku kuliah. Tak lama kemudian, sekitar 1996 ia kampung halaman. ”Setelah pulang , saya pergi ke Malaysia sebagai TKI,’’ kenangnya. Setahun bekerja di negeri seberang, ia tidak kerasan dan memilih pulang kembali ke Jombang. ”Tahun 2003 saya diminta pak Widodo (Ketua DPD LDII Jombang saat itu) membantu mengajar di SMK Budi Utomo, ‘’ jelasnya.

Dua tahun kemudian, Toto juga diberi amanah mengajar SMA Budi Utomo. Sehingga sejak 2005 mengajar SMA Budi Utomo. ”Itu saya jalani sebelum akhirnya diberi amanah baru sebagai sekretaris yayasan hingga sekarang,’’ jelasnya lagi.

Sejak dulu, Toto juga aktif diberbagai organisasi. Termasuk sebagai pengurus LDII sejak 1999. Lalu, penggerak sekaligus inisiator berdirinya Senkom Jombang. ”Saya di Senkom mulai 2006 dan dipercaya menjadi ketua Senkom jombang dua periode,’’ beber dia.

Di tingkat Jawa Timur, Toto juga dipercaya mengemban amanah wakil Ketua Senkom Provinsi Jawa Timur mulai 2012 sampai sekarang. Sementara di pusat, ia dipercaya menjadi Wakil Sekjen PP Senkom sampai sekarang. ”Awalnya Senkom di Jombang hanya 25 anggota, dan kini menjadi 350 anggota,’’ paparnya.

Dijelaskan Senkom adalah adalah organisasi independen yang tidak terafiliasi lembaga, parpol dan instansi manapun. Menurutnya, peran dan fungsi Senkom ada tiga. Pertama, bermitra dengan kepolisian dalam bidang kamtibmas, bermitra dengan TNI dalam bidang bela negara dan bermitra dengan BNPB dalam bidang kemanusiaan penanganan bencana.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP