alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Sukma Adawiyah: Libatkan Allah dalam Segala Hal

25 Agustus 2021, 10: 05: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Sukma Adawiyah

Sukma Adawiyah

Share this      

DALAM lima tahun terakhir, Sukma menjadi event organizer (EO) private class pola pertolongan Allah (PPA). Dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah, ada perasaan tenang dan tidak merasa gusar.

”Melalui PPA, mengingatkan kita bahwa jangan-jangan, kita sering berbicara tentang-Nya tapi jarang sekali berbicara dengan-Nya,” kata ibu empat anak ini. Pembahasannya tentang pemahaman tauhid aplikatif. ”Menjelaskan jika sebaik-baik penolong adalah Allah,” jelasnya.

Kelas PPA, membuat semua yang ada di dalamnya kembali mengingat hakikat kehambaan. ”Bahwa kita ini siapa, dari mana dan hendak kemana, agar hidup kita tidak speeti zombie. Makan sekedar makan, hidup sekedar hidup, kerja sekedar kerja. Jiwa, hati, kosong, hampa,” imbuh dia.

Baca juga: Penyandang Disabilitas di Jombang Selesai Divaksin

Di Jombang sendiri sudah ada kurang lebih 400 alumni kelas PPA  yang berasal dari berbagai profesi. Ada dokter, guru, nakes, pengusaha, pedagang, ibu rumah tangga dan profesi lain. Dengan mengenal Allah lebih dekat, lebih mengerti tujuan hidup. Berdoa dan beribadah tidak sekadar terucap di mulut.

Harus melibatkan Allah dalam segala hal dan sering berbincang kepada Allah. Ia juga tak segan menyampaikan apa yang dirasakan setelah dekat dengan Allah. Saling berbagi, sharing, dalam setiap kegiatan silaturahmi dan acara apapun. ”Selagi ada kesempatan saya mengingatkan, mendoakan orang lain dan mengajak orang lain melibatkan Allah,” akunya.

Sukma memiliki hobi membaca. Tak heran di tengah kesibukannya mengurus toko pakan dan sangkar burung, ia menyempatkan diri membaca. Ada satu Alquran yang standby di atas meja kasir. ”Wahyu pertama turun membaca. Membaca bisa menambah wawasan. Apa saja, Alquran, tafsir, buku agama, sampai komik donal bebek pun saya suka,” pungkas dia.

(jo/wen/jif/JPR)

 TOP