alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Kepala Desa Bandung Diwek Jombang Meninggal Dunia

7 Kursi Kades di Jombang Kosong

26 Juli 2021, 17: 46: 18 WIB | editor : M. Nasikhuddin

Kepala Desa Bandung Diwek Jombang Meninggal Dunia

Share this      

JOMBANG – Pemkab Jombang kembali berduka. Kemarin (25/7), Muhtarom, Kepala Desa (Kades) Bandung, Kecamatan Diwek meninggal dunia. Ini menjadikan daftar panjang kursi kepala desa kosong mencapai tujuh kursi.

Sudiro Setiono Camat Diwek membenarkan meninggalnya Kades Bandung kemarin. ”Memang benar, informasi dari pihak keluarga, meninggalnya tadi pagi (kemarin, Red) pukul 06.00,” kata Sudiro dikonfirmasi.

Terkait kemungkinan penyebab meninggalnya almarhum Kades Bandung karena terpapar Covid-19, Sudiro tak bisa memastikan. Dari keterangan yang diterima pihaknya, almarhum memiliki riwayat penyakit diabetes. ”Insya Allah bukan Covid-19. Karena beliau punya diabet tinggi, lambung dan sebagainya. Informasi dari pihak keluarga begitu,” sambung Sudiro.

Baca juga: Tangkal Korona, Ratusan Warga di Jombang Salawatan Keliling Kampung

Usai mendengar kabar meninggalnya kades, Sudiro pun sudah melaporkan ke Pemkab Jombang untuk memproses kekosongan kursi yang ditinggalkan kades. ”Laporan secara lisan sudah. Kita akan konsultasikan ke DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) sekaligus laporan ke ibu bupati (Mundjidah Wahab). Nanti kebijakannya yang diambil bagaimana, kita tunggu dari kabupaten,” ujar dia.

Memang posisi kepala desa sangat urgent di desa, terlebih sekarang tugas pemerintah desa sangat berat dengan adanya pendemi. ”Nanti arahan dari pemkab seperti apa, kita tindaklanjuti. Sehingga pelayanan di desa tidak terganggu,” imbuhnya.

Disinggung masa jabatan almarhum kades, disebutkan Sudiro yang bersangkutan sudah menjabat sejak 2019 lalu. ”Beliau ini pemilihan akhir 2019,” kata Sudiro.

Untuk diketahui, terdapat enam kursi jabatan kades kosong di Kabupaten Jombang. Masing-masing di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam; Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben; Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh; dan Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak; serta Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto; serta Desa Sentul, Kecamatan Tembelang.

Enam posisi itu kini dijabat penjabat (PJ) kades. Dengan meninggalnya Kades Bandung, kini menambah daftar panjang kursi kades kosong akibat meninggal dunia menjadi tujuh kursi.

Rencana pemkab menggelar pemilihan kepala desa antarwaktu hingga kini belum ada kejelasan alias masih berproses. Salah satunya masih dalam penggodokan peraturan bupati (perbup).

(jo/fid/naz/JPR)

 TOP