alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Catat Rekor! Sehari Kasus Covid-19 di Jombang Naik 387 Kasus

Kasus Meninggal Hampir Tembus 1.000 Orang

26 Juli 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : M. Nasikhuddin

Budi Winarno Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang

Budi Winarno Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang

Share this      

JOMBANG – Tren penularan Covid-19 di Kabupaten Jombang makin tak terkendali. Kemarin (25/7) tercatat ada penambahan kasus baru mencapai 387 kasus. Penambahan kasus ini merupakan penambahan tertinggi sejak awal pandemi.

Data yang dirilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, secara kumulatif, persebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang sudah menyentuh angka 8.566 kasus, sebanyak 5.671 dinyatakan sembuh, dan angka meninggal hampir mencapai 1.000 kasus atau berada di angka 992 kasus.

Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno membenarkan lonjakan penambahan kasus baru melonjak tajam. ”Sesuai laporan dinkes, per Minggu (25/7) ada penambahan sebanyak 387 kasus,” terang Budi.

Baca juga: Mahasiswa Unwaha Jombang Bisa Magang dan Kuliah hingga S3 di Jepang

Disinggung penyebab masih tingginya tren penularan, Budi menyebut salah satunya faktor perluasan testing. ”Tingginya angka terkonfirmasi karena semakin diperluas testing kepada masyarakat yang bergejala maupun yang memiliki kontak erat, di mana banyak orang OTG dengan kondisi terkonfirmasi Covid-19,” terang Budi.

Selain penambahan kasus baru, tren angka kasus meninggal Covid-19 juga terus melonjak tajam. Per kemarin ada penambahan sebanyak 28 pasien meninggal. Paling banyak dari Kecamatan Jombang sebanyak enam orang sekaligus. Disusul Kecamatan Gudo tiga kasus. Masing masing dua kasus di Kecamatan Kesamben, Ngoro, Perak, Peterongan, dan Sumobito.

Selain itu, Kecamatan Bareng, Gudo, Jogoroto, Kabuh, Kudu, Mojoagung, Pladaan, Ploso dan Tembelang masing-masing mencatatkan penambahan satu kasus. "Saat ini temuan kasus terbanyak tetap di Kecamatan Jombang dengan total 143 kasus," tambahnya.

Sampai saat ini, dari 21 kecamatan Kabupaten Jombang masih tertahan di zona merah. Dari 21 kecamatan, temuan kasus paling banyak ada di Kecamatan Jombang dengan total 1.807 kasus.

Disusul Kecamatan Diwek 753, Peterongan 551, dan Mojoagung 501. ”Untuk menekan penularan Covid-19, kita butuh kepatuhan bersama untuk tetap patuh terhadap prokes,” tandasnya.

Per kemarin Kabupaten Jombang juga mencatatkan penambahan angka kesembuhan sebanyak 69 kasus. Dari rilis Dinkes Jombang, akibat penambahan kasus baru yang terus melonjak, saat ini terdapat 713 pasien di rumah sakit, 1.190 isolasi mandiri.

Terpisah, Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran menyebut, saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Jombang terus melonjak. Sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Jombang, semua muara pasien dengan gejala berat diarahkan kesana. Bahkan, total kini yang dirawat lebih dari 220 pasien. ”Kalau sekarang ini banyak sekali. Total yang kami rawat, laporan tim kami ada lebih 220-an. Itu belum lagi yang di IGD. Kemarin, aja sampai stagnan 40-an pasien kemudian kita geser secara perlahan-lahan,” jelas dr Pudji.

(jo/ang/naz/JPR)

 TOP