alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Cerita Perjuangan Agus Susilo Sugioto, Kasatpol PP Jombang

25 Juli 2021, 18: 15: 39 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Agus Susilo Sugioto Kasatpol PP Jombang

Agus Susilo Sugioto Kasatpol PP Jombang

Share this      

Agus Susilo Sugioto yang kini dipercaya menjabat Kepala Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) sudah mengabdi selama 31 tahun di Pemkab Jombang. Pria asli Jombang ini lahir di Desa Balungbesuk, Kecamatan Diwek, 25 Desember 1964 silam.

Anak pertama dari lima bersaudara pasangan Kohar dengan Sukiyah ini tumbuh besar di Desa Balungbesuk. Agus mengawali pendidikannya di SDN Balungbesuk lulus 1976, kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Jombang lulus 1980, dan SMA PGRI 1 Jombang lulus 1983. ”Setelah lulus SMA saya kuliah di Universitas Darul Ulum Jombang, jurusan Ekonomi Studi Pembangunan lulus 1989,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (24/7).

Usai lulus kuliah, Agus langsung mengikuti rekrutmen CPNS dan dinyatakan lolos. Kali pertama, ia mendapat tugas di Departemen Penerangan Kabupaten Jombang. Agus sempat dipercaya mengemban amanah sebagai Kasubsi Bina Mobil Unit Penerangan Departemen Penerangan. Sayang, hal itu tak berlangsung lama setelah Departemen Penerangan dibubarkan 1999.

Baca juga: Gunungan Kebonrojo, Jombang yang Terus Bersolek

”Saya masuk 1990 sampai 2005. Setelah Departemen Penerangan bubar saya ditempatkan sebagai staf Kantor Infokom,’’ tambahnya. Di awal 2005, Agus dimutasi ke Kantor Kecamatan Ngoro sebagai Kepala Seksi Humas. Setahun kemudian, ia dimutasi ke Kasubid Pemerintahan dan Pertahanan Badan Pengawas Daerah Jombang (Sekarang Inspektorat, Red).

”Saya di Badan Pengawas Daerah Kabupaten Jombang cukup lama sekitar empat tahun. Pertama menjadi Kasubid Pemerintahan dan Pertahanan, kemudian Kasubid Aparatur, Hukum dan Ketentraman 2008-2009,’’ jelas dia. Tak berhenti disitu, karirnya terus melejit. Awal 2009, ia kemudian dipercaya mengemban amanah baru sebagai Kabid Penguatan Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Setelah dirinya mengikuti Diklatpim tingkat III. ”Di sana lumayan lama sampai 2012,’’ paparnya.

Baru kemudian perjalanan karir sebagai camat dimulai. Agus tiga kali dipercaya sebagai camat. Mulai Camat Plandaan 2012-2014, Camat Megaluh 2014-2015 dan Camat Diwek 2015-2017. Kemudian pada 2017 Agus mengikuti asesmen untuk penjaringan jabatan kepala dinas. “Alhamdulillah lolos dan ditugaskan di Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Jombang,’’ terang dia.

Dua tahun kemudian, Agus dipercaya menjadi Kepala Satuan Polisi Pramong Praja hingga sekarang. Sekarang, bapak dua anak hasil pernikahannya dengan Suhartutik 1999 ini lebih banyak bertugas di lapangan memimpin operasi penegakan prokes selama pandemi Covid-19.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP