alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Khoirul Hasyim Berorganisasi Sejak Muda, Raih Beasiswa Magister

18 Juli 2021, 08: 05: 59 WIB | editor : M. Nasikhuddin

VISIONER: Khoirul Hasyim Direktur Perumda Air Minum Tirta Kencana Jombang saat dikantornya.

VISIONER: Khoirul Hasyim Direktur Perumda Air Minum Tirta Kencana Jombang saat dikantornya.

Share this      

DIREKTUR Perumdam Tirta Kencana Jombang Khoirul Hasyim baru menjabat 1,5 tahun. Di usia jabatan yang seumur jagung, ia berupaya membuat terobosan dalam memimpin perusahaan pelat merah ini.  

Lahir di Jombang, 15 Agustus 1980, Khoirul Hasyim merupakan anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Sukono dan Rukani. Ia mengawali pendidikannya di MI Islamiyah Alwathaniyah Mojoanyar Bareng. Kemudian  melanjutkan ke  SMPN 1 Bareng dan SMAN Ngoro.

Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan ke STKIP PGRI Jombang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Di kampus inilah berbagai organisasi diikutinya. Mulai organisasi kampus, organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang keagamaan, maupun sosial budaya.

Baca juga: Binrohtal 1.194: Salawat Hilangkan Azab

”Sejak mahasiswa saya sudah aktif di PMII Komisariat Patimura Jombang 2003-2006,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Jombang. Selain itu, Hasyim juga bekerja sebagai pengajar di MI Islamiyah Alwathaniyah Mojoanyar Bareng. “Juga menjadi guru di Madrasah diniyah Alwathaniyah,’’ tambahnya.

Setelah lulus sarjana, ia langsung dipercaya untuk menjadi dosen tidak tetap 2007. Dari situlah karirnya perlahan terlihat. Apalagi ia berhasil mendapat beasiswa BPPDN S2 Unesa 2009-2012. ”Saya mengambil Pendidikan Bahasa dan Sastra (Konsentrasi Bahasa Inggris) Unesa,’’ jelas bapak satu anak ini.

Hasyim juga berhasil meraih beasiswa S3 BPPDN UNS sejak 2013 sampai sekarang. ”Sekarang belum selesai karena sempat mengambil cuti cukup lama. Fokus saya di Linguistik (Konsentrasi Linguistik Deskriptif),’’ jelas dia. Ia juga pernah mengikuti Short Course Khon Kaen University Thailand.

Aktivitas sebagai tenaga pengajar di STKIP PGRI Jombang dijalaninya cukup lama. Mulai 2007-2019. Dia dipercaya mengurus sejumlah bidang, mulai Pusat Pengembangan Softskills, Bidang Pengabdian Masyarakat P3M, dan Kepala Bidang Profesionalisme Dosen. ”Alhamdulillah selama di sana, saya juga aktif menerbitkan beberapa jurnal internasional,’’ akunya.

Kemudian pada pertengahan 2019 lalu, ia mengikuti asesmen Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang yang diadakan Pemkab Jombang. Ia dinyatakan lolos setelah melalui beberapa tahapan. Hasyim dilantik menjadi Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang (2020-2025).

Belum genap dua tahun, beberapa terobosan yang dilakukan, di antaranya efisiensi energi sistem pengolahan air dengan panel otomasi, penyediaan air curah tangki sebagai bahan baku depo air isi ulang, penyediaan area air mimun siap saji Tirta kencana siap minum (Tikasim), dan sistem pemurnian air minum berbasis deionisasi pada air asin.

Serta meningkatnya nilai kinerja Permdam berdasarkan penilaian BPKP Jawa Timur yang meningkat menjadi 3, 12 di tahun 2020. Hingga sekarang, suami Siti Shofiyah ini juga aktif di beberapa organisasi. Mulai Ketua Persatuan Cricket Indonesia Jombang 2018-2022, Lembaga Kesenian dan Kebudayaan PC Ansor Jombang 2019-sekarang, Lembaga Kepemudaan dan Olahraga PW Ansor Jawa Timur 2020- sekarang.

Selain itu, ia ditunjuk sebagai pembina Paguyuban Patrolan Jombang 2018 sampai sekarang, Direktur Pendidikan Yayasan Wakaf Umat Sejahtera 2019-sekarang, serta International Blind Reviewer of Journal Review Department 2017sampai sekarang. “Sejak 2020 masuk anggota persatuan perusahaan air minum seluruh Indonesia (Perpamsi) Jatim,” pungkasnya.

(jo/ang/naz/JPR)

 TOP