alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Pandemi Covid-19, Dinas Peternakan Lakukan Pemantauan Hewan Kurban

16 Juli 2021, 07: 30: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

PENUHI SYARAT: Sapi yang dijual juga harus memenuhi syarat kesehatan.

PENUHI SYARAT: Sapi yang dijual juga harus memenuhi syarat kesehatan.

Share this      

JOMBANG – Menghadapi Hari Raya Idul Adha dalam situasi pandemi Covid-19, Dinas Peternakan Jombang melakukan pemantauan hewan kurban. Tujuannya, menjamin masyarakat agar mendapat hewan kurban yang sehat dan menghasilkan produk daging aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Imam Sutrisno Kepala Dinas Peternakan mengungkapkan, pemeriksaan yang dilakukan Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dimulai (12-15/7) kemarin. Pemeriksaan selama empat hari itu dibagi beberapa tim. ”Seperti Senin (12/7) di  Kelurahan Kepanjen dan Kepatihan. Di lokasi itu penjualan mencatat lima ekor sapi, 188 kambing dan 21 domba,” katanya.

Untuk hari terakhir kemarin (15/7), pemantauan dilakukan di Kecamatan Peterongan. ”Untuk wilayah kecamatan lain, pemeriksaan dilakukan oleh petugas P4H/penanggung jawab  di masing-masing kecamatan,” terang dia.

Baca juga: Binrohtal 1.192:; Sabar Sakit

SEHAT: Petugas cek kesehatan hewan kurban.

SEHAT: Petugas cek kesehatan hewan kurban.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi ke seluruh penanggung jawab wilayah 21 kecamatan se-Jombang. Sosialisasi ini berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan kurban dalam kondisi pandemi Covid-19. “Petunjuk pelaksanaan kegiatan kurban dengan menyesuaikan pelaksanaan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Dinas Peternakan juga memberikan persyaratan dalam rangkaian penyembelian hewan kurban. ”Ya, semua ada persyaratannya, mulai hewan kurban, tempat penampungan hewan, syarat penyembelih, sarana, tata cara penyembelihan halal, pemeriksanaan psotmortem hingga distribusi daging kurban,” pungkas Imam.

(jo/yan/jif/JPR)

 TOP