alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Hari Purnomo Kepala Dinas Sosial Jombang

Pernah Jadi Ajudan Bupati

11 Juli 2021, 08: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

TEGAS: Hari Purnomo Kepala Dinas Sosial Jombang dikenal sebagai sosok yang tegas.

TEGAS: Hari Purnomo Kepala Dinas Sosial Jombang dikenal sebagai sosok yang tegas.

Share this      

HARI Purnomo kini dipercaya menjadi Kepala Dinas Sosial Jombang. Pria kelahiran Kota Semarang, 10 November 1975 ini pernah didapuk menjadi ajudan Bupati Afandi selama tiga tahun.

Hari dilahirkan di Kelurahan Panjangan, Kota Semarang Barat dari pasangan Subadi dan Kusiniati. Anak keempat dari lima bersaudara ini menghabiskan masa kecil dan bersekolah di Kota Semarang. Mulai SDN Panjangan 1 lulus 1988 dan SMPN 2 Ambarawa lulus 1991.

”Ayah seorang prajurit TNI. Jadi saya harus ikut pindah, dari Kota Semarang ke Kabupaten Semarang,’’ ujarnya. Setelah lulus SMP, Hari kemudian melanjutkan ke SMAN 1 Ambarawa lulus 1994. Kemudian masuk Sekolah Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang kini berubah menjadi IPDN Jatinangor, lulus 1998. ”Kemudian saya masuk Pemkab Jombang, tepatnya BKD,’’ tambah dia.

Baca juga: Penyelesaian Aset Ruko Simpang Tiga Jombang Mandek

Awal kali berdinas di Pemkab Jombang, orang tuanya merasa keberatan karena jarak yang terlalu jauh dengan tempat tinggal orang tuanya. Namun, dengan tekat dan keyakinan, ia akhirnya mendapat restu dari kedua orang tuanya. ”Saya merasa ini adalah hasil tirakat selama kuliah. Jadi dimanapun saya ditugaskan siap,’’ terangnya.

Tak lama setelah menjadi staf di BKD, Hari kemudian dipercaya menjadi ajudan Bupati Afandi mulai 1999-2001. Saat itu, ia masih berusia 23 tahun dan masih bujang. ”Saya cukup muda kala itu, menjadi ajudan bupati selama tiga tahun,’’ tuturnya.

Setelah berganti era bupati, Hari kemudian ditarik ke Bagian Pemerintahan 2001-2008. Dimanapun bekerja, ia selalu mengedepankan etos kerja tinggi. Hingga akhirnya, pada pertengahan 2008 lalu, ia mendapat promosi jabatan  menjadi Kasi Sosial Budaya Kecamatan Mojowarno selama enam bulan. Awal 2009 dimutasi sebagai Kasi Pemerintahan di Kecamatan Ploso.

Seiring berjalannya waktu, karirnya semakin moncer. Ia diangkat menjadi Sekcam Ploso tahun 2011. Selang tiga tahun kemudian, ia dimutasi sebagai Sekcam Sumobito. ”Baru 2015 awal, saya dimutasi ke DPMD sebagai Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat selama dua tahun,’’ terangnya.

Dua tahun setelah di DPMD, ia kemudian dimutasi ke Kabid Ketersediaan dan Kerawanan pangan Dinas Ketahanan Pangan 2017. ”Kemudian 2018 saya mengikuti assesmen eselon IIB Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Alhamdulillah lolos,’’ jelas dia.

Di awal 2019, saat Pjs Bupati Setiajit, Hari dipercaya menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Namun hal itu tak bertahan lama. Di tahun yang sama, terdapat merger atau perampingan OPD. Dinas Ketahanan Pangan digabung dengan Dinas Perikanan. ”Akhirnya saya ditunjuk sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan 2019-2020. Kemudian awal 2021 masuk Dinas Sosial Jombang,’’ tandasnya.

Hari menikah dengan Darmayanti Safitri yang merupakan gadis asli Jombang. Dari pernikahan 2002 itu, mereka dikaruniani dua anak, masing-masing Charisa Ameli Riyan Putri dan Fara Aini Riyan Putri. Mereka kini menetap di Perumahan Sengon Jombang.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP