alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh
Nyai Hj Umdatul Choirot

Budidaya Jamur dan Latih Santri Mandiri

07 Juli 2021, 07: 50: 59 WIB | editor : Rojiful Mamduh

Nyai Hj Umdatul Choirot

Nyai Hj Umdatul Choirot

Share this      

SELAMA pandemi Covid-19, Nyai Hj Umdatul Choirot lebih banyak mengurangi kegiatan yang bersifat tatap muka. Namun, ia tetap aktif mengikuti berbagai kegiatan workshop dan pelatihan secara daring. Untuk mengisi waktu, ia membudidayakan jamur di belakang rumah.

”Saya produksi sendiri, kemudian diolah menjadi jamur krispi,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (6/7). Pengolahan jamur krispi ini kemudian ia ajarkan kepada santri untuk berwirausaha. Tak lain agar mereka mandiri dan terampil di bidang lain, selain ilmu yang diajarkan di pesantren. ”Ya, tujuan lainnya memang untuk melatih santri terampil dan mandiri,’’ tambah di.

Ibu dari Muhammad Imdad, Navhat Nuraniyah, dan Nabilah Munsyarihah ini memang cukup terampil. Untuk urusan desain masjid misalnya, ia melakukan sendiri. Hasilnya bisa dilihat di Masjid Sukijo (Sunan Kalijogo) Tambakberas dan Pesantren Bayt Qur'an yang sekarang diasuh anak pertamanya. Semua itu ia desain sendiri.

Baca juga: Rutin Konsumsi Minuman Herbal, Rawat Suami di Ruang Isolasi 21 Hari

Masjid dan pondok tersebut berdiri megah meski tanpa desain seorang arsitek. ”Masjid itu desain sendiri. Tukang kerja sesuai arahan saya langsung,’’ pungkasnya.

(jo/ang/jif/JPR)

 TOP